Filipina Diguncang Gempa, 8 Orang Tewas & 60 Luka

Sabtu 27 Juli 2019 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 27 18 2084288 filipina-diguncang-gempa-8-orang-tewas-60-luka-L2BqimNWc0.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

FILIPINA - Gempa bumi berkekuatan Magnitude 5,4 menghantam pulau-pulau di utara Filipina. Akibatnya delapan orang tewas dan melukai 60 lainnya.

Menurut data pemerintah Filipina, gempa tersebut telah melanda pulau-pulau Batanes dan diikuti oleh gempa susulan berkekuatan 5.9, dan gempa susulan besar lainnya terjadi beberapa saat kemudian.

"Gempa pertama menewaskan lima orang sementara tiga orang tewas dalam gempa susulan," kata Direktur Eksekutif Badan Bencana, kata Ricardo Jalad kepada Reuters, Sabtu (27/7/2019).

"Itu traumatis. Kami masih merasakan gempa susulan yang kuat," Edna Gato, seorang guru sekolah di kota Itbayat, mengatakan kepada Reuters.

 Gempa

Badan bencana mengirim tim medis dan penyelamat ke pulau-pulau itu, sekitar setengah jalan antara pulau utama Luzon Filipina dan Taiwan. Selain itu, pihak militer juga mengerahkan sebuah pesawat untuk mengirim pasokan dan mengeluarkan yang terluka.

Gato mengatakan, dia berdiri di luar di ruang terbuka dengan lebih dari 1.000 orang.

“Rumah-rumah baru rusak dan rumah-rumah tua yang kami pelihara hancur total,” katanya, merujuk pada rumah-rumah batu tradisional. Filipina berada di Cincin Api Pasifik yang aktif secara geologis dan sering mengalami gempa bumi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini