nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNS Berhasil Kembangkan Padi Hitam Rendah Gula, Cocok untuk Penderita Diabetes

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 17:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 30 65 2085574 uns-berhasil-kembangkan-padi-hitam-rendah-gula-cocok-untuk-penderita-diabetes-76KvooC0kd.jpg Foto: Padi Hitam (Bramantyo/Okezone)

SOLO - Peneliti Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil mengembangkan riset padi hitam varietas baru yang nantinya akan menjadi salah satu prodak unggulan dari UNS.

"Jadi ini bagian dari penelitian teman-teman di pertanian dan MIPA di bawah pimpinan Prof Dr Sutarno terkait dengan padi hitam. Dan ini salah satu varietas yang akan kita kembangan di UNS sebagai salah satu prodak unggulan," papar Ketua LPPM UNS Prof Dr Widodo Muktiyo kepada Okezone di sela panen perdana di Desa Ngijo Wetan, Tasikmadu Karanganyar Selasa (30/7/2019).

 Baca Juga: 3 Hijabers UNS Ini Kembangkan Material Baterai Litium di Tengah Derasnya Impor

Menurut Widodo, beras hitam yang diberi nama Inovasi Batam Sebelas Maret (Intan Semar) ini tengah dalam tahap dua uji biotipe, yakni uji ketahanan hasil dan uji ketahanan hama di laboratorium Balai Padi Sukamandi, Jawa Barat.

Ditambahkannya setelah hasil dari setelah serangkaian hasil uji tanaman padi hitam ini telah dikantongi, maka tanaman padi ini akan didaftarkan di Departemen Pertanian agar segera dikeluarkan sertifikat sebagai benih unggul milik UNS.

 Baca Juga: Jaga Pasokan, UNS Kembangkan Riset Beras Hitam

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini