nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Kesulitan Identifikasi Wanita Hamil Pejuang ISIS Indonesia yang Tewas di Kamp Pengungsi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 20:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 31 18 2086097 pemerintah-kesulitan-identifikasi-wanita-hamil-pejuang-isis-indonesia-yang-tewas-di-kamp-pengungsi-50PshtkjNf.jpg Sejumlah wanita di kamp Al-Hol, Suriah. Foto/AFP

JAKARTA – Pemerintah melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus, Suriah mengalami kesulitan untuk mencari tahu identitas wanita hamil asal indonesia yang ditemukan tewas di kamp pengungsi.

Laporan kantor berita Kurdi, Hawar News Agency mengutip BBC News, sesosok mayat wanita ditemukan di kamp pengungsi Al-Hol. Laporan itu menyebut mayat tersebut diduga salah satu pejuang kelompok militan Negara Irak dan Suriah (ISIS) bernama "Sodermini" atau Sudarmini, yang diketahui sedang mengandung enam bulan.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah dalam pernyataan yang diterima Okezone, Rabu (31/7/2019) mengatakan, pemerintah berupaya memverifikasi kebenaran informasi perempuan Indonesia WNI yang tewas di Suriah tersebut.

Baca juga: Wanita ISIS Asal Bandung di Suriah: Kami Ingin Pulang ke Indonesia

Baca juga: Gabung ISIS, WNI Perempuan Asal Indonesia Dihukum 15 Tahun Penjara di Irak

Namun ia menekanankan situasi konflik dan kekerasan bersenjata di Suriah membuat proses verifikasi tersebut tidak mudah dan kompleks.

“Terlebih lagi, lokasi tempat kejadian berada di bawah pengawasan kelompok yang berseberangan dengan pemerintah Suriah,” kata Teuku Faizasyah.

Kamp Al-Hol menampung ribuan keluarga pejuang asing ISIS. Al-Hol terletak di Suriah barat laut dan berada di bawah administrasi Kurdi.

Hawar News Agency mengutip hasil pemeriksaan dokter forensik melaporkan ada tanda-tada kekerasana berupa lebam pada tubuh perempuan tersebut.

Ayah Sodermini bernama Sardi dan ibunya bernama Nasia. Sodermini diketahui berumur sekitar 30-an dan ibu dari tiga anak.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini