nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Bongkar Penyelundupan Sabu 49,9 Kg Jaringan Malaysia

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 21:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 31 519 2086105 polisi-bongkar-penyelundupan-sabu-49-9-kg-jaringan-malaysia-4zX0LJ6Q9s.jpg Polisi bongkar penyelundupan sabu Jaringan Malaysia (Foto: Syaiful/Okezone)

SURABAYA - Satgas Narkoba Polda Jatim membongkar penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 49,33 kg jaringan Malaysia. Sabu tersebut diamankan di beberapa tempat dari sejumlah tersangka sejak Februari 2019 sampai Juli 2019.

Dalam kasus ini ada lima tersangka yang ditangkap satgas narkoba polda Jatim. Mereka berinisial SH, JH, S, N dan NAH. Kini para tersangka diamankan di mapolres Tanjung Perak Surabaya. Polisi juga melakukan pemusnahan terhadap sebagian barang bukti sabu yakni seberat 28 kg.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dalam keterangan persnya menjelaskan, satgas narkoba berhasil mengungkap peredaran narkoba jaringan Malaysia yang dikirim ke Kecamatam Sokobanah, Kabupaten Sampang, Madura ini selama empat bulan.

Kasus ini terungkap berawal dari adanya penyerahan narkoba jenis sabu dari Bea Cukai kepada Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang disimpan ke dalam paket ekspedisi dengan tujuan Kecamatan Sokobanah. Sebanyak 14 kg sabu yang disimpan dalam paket ekspedisi pada 13 Februari 2019.

Polisi bongkar penyelundupan sabu jaringan Malaysia (Foto: Syaiful/Okezone)

"Kemudian ada 800 gram disimpan ke dalam drum cat dipaketkan melalui ekspedisi pada 5 Maret 2019. Lalu pada 5 dan 8 April 2019, ditemukan 6 kg dan 4 kg sabu disimpan dalam drum cat dipaketkan melalui ekspedisi. Dari pengungkapan ini, kami membentuk Satgas Narkoba Polda Jatim," terang Luki, Rabu (31/7/2019).

Kemudian Satgas Narkoba Polda Jatim melakukan penyelidikan terkait adanya informasi tersebut. Hasilnya, polisi menangkap tersangka SH dengan barang bukti 10 kg di Jember pada 9 April 2019. Lalu Satgas Narkoba melakukan pengembangan dan berhasil menangkap JH serta S di Sampang.

Baca Juga: Haris Simamora Pembunuh Satu Keluarga di Bekasi Divonis Hukuman Mati

Baca Juga: KPK: Tersangka Baru Korupsi e-KTP Ada 4 Orang

Adapun barang buktinya 99 butir pil ekstasi. Selanjutnya Satgas Narkoba menangkap tersangka N dengan BB 3 kg sabu di Sampang. Terakhir menangkap tersangka NAH dengan BB 22,13 kg di Pontianak pada 26 Juli 2019.

"Peredaran narkoba ini masuk ke Jatim melalui jalur darat, laut dan udara dengan melewati beberapa kota besar seperti Batam, Jakarta, Pontianak dan Surabaya. Namun semuanya bermuara di Kecamatan Sokobanah, Sampang," tandas Luki.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini