nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Mobil Listrik UGM, 2 di Antaranya Menang di Ajang Internasional

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 06:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 31 65 2086068 4-mobil-listrik-ugm-2-di-antaranya-menang-di-ajang-internasional-w66xuNQwvh.jpg Foto: Dok. UGM

JAKARTA - Mobil listrik tengah menjadi isu hangat belakangan ini di kalangan pelaku industri. Sebab Kementerian Keuangan tengah memfinalisasi aturan mobil listrik.

Saat ini aturan mobil listrik tersebut sudah siap dan akan segera disampaikan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ditandatangani. Aturan mengenai mobil listrik akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Pemerintah (PP). Di mana PP akan mengatur secara khusus insentif fiskal.

 Baca Juga: Menristekdikti Luncurkan Mobil Listrik Garuda UNY

Aturan ini bak angin segar bagi pelaku industri automotif. Keberadaan mobil listrik diprediksi bakal eksis mengaspal. Namun di kalangan akademisi Tanah Air, mobil listrik juga sudah mulai menjamur. Mahasiswa sudah bisa mewujudkan sebuah mobil karya anak bangsa yang telah harum namanya di pentas internasional, salah satunya Universitas Gadjah Mada (UGM). Berikut ini daftar mobil listrik UGM :

1. Kendaraan Listrik Menyerupai Mobil Golf.

Kendaraan listrik untuk operasional kampus

Spesifikasi : menggunakan baterai timbal-asam 48 V.

a. satu buah kendaraan enam penumpang motor dc-seri, dengan daya 3 hp.

b. satu buah kendaraan empat penumpang motor dc-seri, dengan daya 3 hp.

c. satu buah kendaraan empat penumpang motor bldc, dengan daya 3 hp.

Mobil Listrik

2. City-car 5 Penumpang

Spesifikasi : daya 30 kW dan sistem tegangan 100 V.

Menggunakan baterai lithium.

2. City-car 2 penumpang

Spesifikasi : daya 10 kW dan sistem tegangan 100 V.

Menggunakan baterai lithium.

 Baca Juga: Harga Jadi Tantangan Pengembangan Mobil Listrik

3. eSemar

Menang pada ajang Shell Eco Maraton tingkat Asia.

 

4. Arjuna

Tim lain yang berlomba dengan memanfaatkan pengusaan teknologi yang berhasil dikuoasai adalah tim Arjuna yang berlaga di Formula Student Japan.

Tim ini mendapatkan pujian karena memanfaatkan sistem manajemen baterai yang dikembangkan secara mandiri.

Menurut Ketua Tim Riset Kelompok produk 'eSemar eLektro' UGM, Eko Firmansyah, tahun 2018 hingga saat ini, diputuskan bawah UGM akan melakukan pengembangan produk kendaraan listriknya pada arah light commercial electric vehicle (LEEV).

"Pengembangan produk ini didukung oleh industri chip otomotif dari Jerman, Infineon, dan industri perkakas lokal, PT YPTI dan PT Skyenergy," ujar Eka, yang juga mengembangkan komponen kelistrikan kendaraan listrik UGM, kepada Okezone, Kamis (1/8/2019).

Menurutnya, pendekatan yang dilakukan konsisten dari tahun-tahun sebelumnya bahwa yang dikembangkan adalah komponen kendaraan.

Perbedaannya terletak pada kelas produknya yang tidak lagi mengarah pada kendaraan penumpang.

UGM, lanjutnya, memilih mengembangkan kendaraan untuk kawasan terbatas seperti pariwisata dan industri. Spesialisasi ini dilakukan agar tidak berebut pasar dengan pemain global dan mencoba meraih spesialisasi produk tertentu.

"Diharapkan dalam tiga tahun, kebutuhan komponen untuk kendaraan kawasan terbatas dapat disediakan secara lokal. Seperti yang telah dikembangkan di UGM," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini