nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Karier Dirancang Bukan Setelah Wisuda

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 04 Agustus 2019 07:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 02 65 2086977 ternyata-karier-dirancang-bukan-setelah-wisuda-UyGexQiNDn.jpg Kampus (Reuters)

JAKARTA - Ternyata karier dirancang bukan ketika sudah lulus dari perguruan tinggi. Idealnya karier dipersiapkan saat baru duduk di dunia kampus.

“Mahasiswa baru itu diibaratkan kertas putih, tinggal bagaimana institusi, komunitas, dan lingkungan bisa memfasilitasi,” ujar Kepala Kantor Tracer Study & Career Development Center (TS CDC) Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum, seperti dikutip dari laman Unpad.

 Baca  juga: Kata Guru Besar Unpad soal Tudingan Pengesahan RUU Pertanahan

Untuk itu, Unpad mulai memberikan materi seputar pengembangan karier pada prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2019. Dr. Rosaria mengatakan, mahasiswa baru diharapkan sudah mulai menyiapkan strategi kira-kira kompetensi nonteknis apa yang bisa dimanfaatkan atau dibutuhkan untuk memulai kariernya di masa datang. Dengan demikian, mahasiswa sudah sejak awal membangun jejaring dan strategi kariernya.

"Dengan diberikan exposure positif akan menghasilkan hasil yang positif juga,” kata dosen Fakultas Ilmu Budaya Unpad ini.

 Baca juga: Cantik dan Pintar, Diah Ayu Berhasil Sabet Gelar Doktor

Berbagai program juga dilakukan oleh TS CDC Unpad. Mulai dari info lowongan kerja yang dimuat di laman (website), media sosial, dan aplikasi TS CDC, bursa kerja, sesi berbagi pengalaman (sharing session) dari para alumni Unpad yang sukses di dunia kerja/usaha, hingga seminar pembekalan karier bagi para lulusan.

Tidak hanya itu, kantor TS CDC juga membuka ruang bimbingan karier bagi para mahasiswa Unpad. Dr. Rosaria menjelaskan, ruang ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun yang baru lulus untuk melakukan konsultasi mengenai pengembangan karier dan bagaimana menentukan jalur karier (career path). Proses konsultasi dilakukan bersama tim dari Fakultas Psikologi Unpad.

Terkait kegiatan sharing session, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan terkemuka. Hingga saat ini, kegiatan sharing session sudah diikuti oleh sejumlah perusahaan, seperti Paragon, Ruang Guru, Coca Cola Amatil, hingga Great Giant Foods. Kegiatan ini menghadirkan praktisi yang merupakan alumni dari Unpad.

Dr. Rosaria pun mendorong kepada mahasiswa untuk memperbanyak jejaring selama menempuh studi. “Haruslah akan segala hal baru, selama itu positif,” kata Dr. Rosaria.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini