20 Hektare Areal Konsesi Minyak BOB di Siak Terbakar

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 05 Agustus 2019 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 05 340 2087921 20-hektare-areal-konsesi-minyak-bob-di-siak-terbakar-Eiv7nya1EQ.jpg Kebakaran terjadi di kawasan konsesi ladang minyak Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako (Foto: Banda Haruddin Tanjung)

PEKANBARU - Kebakaran hebat terjadi di kawasan konsesi ladang minyak Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako (BOB BSP)-Pertamina Hulu di Kampung Siberuk, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Kebakaran di perusahaan minyak yang dikelola perusahaan daerah itu sudah terjadi dalam beberapa hari ini.

"Luasan areal BOB yang terbakar lebih kurang 20 hektare," kata Kasubbag Humas Polres Siak Bripka Dedek, Senin (5/8/2019).

Pemadaman di kawasan ladang minyak dilakukan oleh tim gabungan dari pihak kepolisian dan perusahaan lain. Total personel yang dikerahkan sebanyak 79 orang.

"Pihak yang melakukan pemadaman dari Polres sembilan orang, perusahaan lain yang ikut membantu adalah dari PT RAPP jumlah 70 orang," imbuhnya.

Kebakaran ladang minyak

Untuk pemadaman digunakan enam unit alat pompa air. Tim gabungan juga melakukan pembuatan embung atau kolam.

Kebakaran di konsesi BOB ada beberapa titik, sehingga petugas membagi tim pemadaman. "Kebakaran menyebar di lima lokasi karhutla di Siberuk. Untuk pemadaman saat ini masih menggunakan air di parit galian," katanya.

Kebakaran ladang minyak

Selain di lahan ladang minyak kebakaran juga terjadi di konsesi Hutan Tanaman Industi (HTI) milik anak perusahaan Sinarmas Group, PT Arara Abadi di Desa Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak. PT Arara Abadi salah satu pemasok terbesar bahan baku pulp dan kertas ini mengaku bahwa konsesi mereka yang terbakar merupakan areal yang dikuasai warga.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini