nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Lagi Pekerja, Kini Mahasiswa Baru di UT Didominasi Milenial

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 13:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 07 65 2088857 tak-lagi-pekerja-kini-mahasiswa-baru-di-ut-didominasi-milenial-NUa7LToB16.jpg Foto: Rektor UT Berkunjung ke Okezone (Taufik/Okezone)

JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu tujuan kuliah yang paling diminati oleh para lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikannya. Hal itu tercatat dari 70% calon mahasiswa baru UT merupakan fresh graduate atau baru lulus SMA.

 Baca Juga: Universitas Terbuka Pakai Data Nomor Induk Kependudukan

Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat mengatakan bahwa animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikannya ke UT sangat tinggi sekali dari tahun per tahun. Di mana saat ini ada sekitar 320.000 mahasiswa yang terdaftar di UT.

"Sedangkan untuk mahasiswa baru sudah ada 60.000 yang telah mendaftar. Dan 70% pendaftar itu fresh gradute atau kaum milenial," ujar dia saat berkunjung ke Okezone di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

 Rektor UT

Dia menjelaskan, pada tahun-tahun sebelumnya yang mendaftar di UT itu dari para pekerja. Namun, dengan berkembangya teknologi, banyak anak-anak baru lulus SMA mengambil kuliah jarak jauh di UT.

"60.000 mahasiswa baru ini akan terus meningkat secara bertahap. Dan semoga pada akhir tahun sudah ada 1 juta mahasiswa yang terdaftar di UT," kata dia.

 Baca Juga: Universitas Terbuka Pamulang Wisuda 2.100 Mahasiswa, Ini 3 Lulusan Terbaiknya

Menurut Ojat, universitas ini dirancang berbeda oleh pemerintah. Seperti dengan memberikan layanan belajar secara online, sehingga mahasiswa yang lokasinya jauh dapat belajar di mana saja dan kapan saja melalui layanan Universitas Terbuka.

"UT juga melakukan kuliah kepada mahasiswanya dengan tatap muka. Tidak hanya dengan sistem online saja," ungkap dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini