nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Prediksi Hujan Bakal Turun di Jabar Awal Agustus

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 11:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 08 525 2089268 bmkg-prediksi-hujan-bakal-turun-di-jabar-awal-agustus-U3xDhjrmNF.jpg Ilustrasi.

BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat, selama bulan Juli 2019, tak ada hujan yang turun di wilayah Jabar. Atas dasar itulah BMKG mengeluarkan peringatan dini bencana kekeringan di Jabar.

Peringatan dini kekeringan diperuntukkan bagi daerah yang tidak mengalami hujan berturut-turut lebih dari 60 hari, di antaranya Bogor, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Sumedang, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Garut, Bandung, Cianjur, dan Sukabumi.

"Waspada terjadi potensi kekeringan, akibat berkurangnya sumber-sumber persediaan air di sungai-sungai, waduk, danau dan lain-lainnya," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Toni Agus Wijaya, melalui pesan singkatnya, yang diterima pada Kamis (8/8/2019).

Foto: Shutterstock

Namun begitu, diperkirakan hujan bakal turun di dasarian I atau sepuluh hari pertama di bulan Agustus 2019. Secara keseluruhan, Provinsi Jawa Barat masuk dalam kategori curah hujan rendah (0-10mm).

"Peluang hujan di dasarian I Agustus ini, berpeluang mendominasi di seluruh wilayah Jabar dengan kategori rendah. Prediksi ini dicapai pada kisaran 90 persen," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini