MK Tolak Gugatan Caleg Perindo di Deiyai Papua

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 22:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 09 606 2090069 mk-tolak-gugatan-caleg-perindo-di-deiyai-papua-KswHGxJia5.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan perkara untuk sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019 yang diajukan Partai Perindo untuk pemilihan legislatif wilayah Papua.

"Menolak eksepsi permohonan pemohon untuk selain dan selebihnya," ujar Ketua Hakim MK Anwar Usman di Gedung MK, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga: Perindo Sumsel Berhasil Raih Belasan Kursi di DPRD

Gugatan ini teregister dengan nomor 137-09-PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019. Perindo menggugat hasil pesta demokrasi di Papa karena adanya penghilangan suara karena adanya sistem noken di Kabupaten Deiyai, Papua.

Berdasarkan pertimbangannya, hakim MK menyatakan berdasarkan bukti dan saksi terbukti masalah yang didalilkan termohon telah diselesaikan pada saat rekapitulasi secara berjenjang.

Mahkamah Konstitusi

Sehingga gugatan Perindo karena adanya pengurangan suara Caleg Perindo Suprianus Bunai 1.178 menjadi nol dinilai tidak relevan.

"Bahwa berdasarkan seluruh pertimbangan di atas menurut Mahkamah, sesungguhnya persoalan yang didalilkan oleh pemohon telah diselesaikan dalam proses rekapitulasi secara berjenjang," kata Anwar.

(kha)

Berita Terkait

Pemilihan Legislatif

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini