nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korban Tewas Ledakan Mesin Roket Rusia Bertambah Jadi Lima Orang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 12:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 10 18 2090174 korban-tewas-ledakan-mesin-roket-rusia-bertambah-jadi-lima-orang-GZFabO8HG6.jpg Foto: Kementerian Pertahanan Rusia.

SEVERODVINSK - Lima orang dikonfirmasi tewas dan tiga lainnya terluka akibat ledakan roket di sebuah lokasi uji coba Angkatan Laut Rusia. Lonjakan radiasi sempat dilaporkan menyusul terjadinya ledakan.

Keterangan perusahaan Nuklir Rusia, Rosatom yang dilansir BBC, Sabtu (10/8/2019) mengatakan bahwa insiden pada Kamis itu terjadi selama uji coba mesin roket berbahan bakar cair. Perusahaan itu mengatakan kepada media Rusia bahwa tim insinyur dan tekniknya tengah mengerjakan "sumber daya isotop" untuk sistem propulsi roket.

BACA JUGA: Ledakan Mesin Roket Rusia Tewaskan Dua Orang, Radiasi Terdeteksi

Sebelumnya, pihak berwenang mengatakan bahwa dua ‘spesialis’ kehilangan nyawanya dalam insiden yang terjadi di lokasi uji coba Nyonoksa itu. Tiga staf yang mengalami yang dilaporkan terluka mengalami luka bakar serius akibat ledakan tersebut.

Lokasi uji coba Nyonoksa melakukan tes untuk hampir setiap sistem rudal yang digunakan oleh Angkatan Laut Rusia, termasuk rudal balistik antarbenua yang diluncurkan melalui laut, rudal jelajah dan rudal anti-pesawat.

Pihak berwenang di Severodvinsk, 47km timur Nyonska, mengatakan bahwa tingkat radiasi sesaat setelah ledakan lebih tinggi dari normal selama sekira 40 menit tetapi kembali normal. Warga setempat bergegas membeli yodium medis, menyebabkan stok yodium di apotek-apotek dilaporkan habis di Kota Arkhangelsk dan Severodvinsk.

Ini adalah insiden kedua yang melibatkan militer Rusia dalam sepekan terakhir setelah sebelumnya, sebuah gudang amunisi di Siberia, menewaskan satu orang dan melukai delapan lainnya. Ledakan tersebut juga menyebabkan evakuasi besar-besaran dari daerah di sekitar lokasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini