nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dukung Erdogan, Sapi Kurban di Turki Dinamai Seperti Sistem Rudal Rusia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 08:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 10 18 2090276 dukung-erdogan-sapi-kurban-di-turki-dinamai-seperti-sistem-rudal-rusia-cZOFfrYyLZ.jpg Sapi kurban yang dijuluki S-400. (Foto: iHA)

ANKARA - Persiapan untuk menyambut Idul Adha atau Hari Raya Kurban di Turki, yang jatuh pada Minggu, 11 Agustus, sama seperti di Indonesia telah berlangsung. Warga membawa hewan-hewan ternak mereka dari peternakan dan desa-desa ke kota untuk dijual dan dikurbankan pada hari raya besar umat Islam itu.

Baru-baru ini, Turki terlibat perselisihan sengit dengan Amerika Serikat (AS) terkait pembelian sistem pertahanan S-400 dari Rusia. Banyak warga Turki yang mendukung keputusan Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk menghormati kesepakatan jual beli S-400 dengan Rusia meski mendapat ancaman secara politik dan ekonomi dari AS dan sekutunya di NATO yang menentang pembelian sistem persenjataan tersebut.

BACA JUGA: Meski Ditentang AS, Turki Terima Pengiriman Pertama Sistem Rudal S-400 Rusia

Kakak beradik Seyfi dan Ibrahim Keyvan, peternak dari Provinsi Corum, menunjukkan dukungan mereka kepada tersebut dengan menamai seekor sapi jantan berbobot 1,5 ton dengan panggilan S-400, mengikuti nama sistem pertahanan rudal yang dibeli Ankara.

Menurut Ibrahim, mereka memutuskan untuk memberi nama sapi itu untuk menghormati S-400 karena "semangat pemberani dan kegigihannya".

“Sapi S-400 berumur tiga tahun, selama ini kami merawatnya seperti anak kecil. Sekarang beratnya 1,5 ton. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengambil posisi yang menentukan, tidak menyerah pada tekanan Amerika, dan membawa S-400 ke Turki. Sapi jantan kami memiliki karakter yang tidak membungkuk, dia sangat berani dan tidak takut pada siapa pun, itu sebabnya kami memanggilnya S-400,” kata Ibrahim sebagaimana dilansir Sputnik, Minggu (11/8/2019).

BACA JUGA: Beli Sistem Rudal S-400 dari Rusia, Turki Didepak dari Program F-35 AS

“Saya bangga telah memelihara binatang seperti itu,” tambahnya.

Sapi yang dijuluki S-400 itu dilaporkan dijual seharga 17.000 lira Turki (sekitar Rp44 Juta) kepada seorang kepala daerah setempat bernama Fehmi Vargeloğlu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini