nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Desak Jepang dan Korsel Segera Berdamai

Minggu 11 Agustus 2019 03:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 11 18 2090412 trump-desak-jepang-dan-korsel-segera-berdamai-NiOJi9lfw5.JPG Donald Trump mendesak Jepang dan Korsel segera berdamai (Foto: Carlos Barria/Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mendesak agar Korea Selatan dan Jepang segera berdamai. Kedua negara diketahui tengah terlibat perang dagang yang dikhawatirkan akan menghancurkan kerjasama trilateral untuk mengatasi ancaman nuklir Korea Utara.

Berbicara kepada wartawan di Gedung Putih, Donald Trump mengaku prihatin dengan perkembangan hubungan bilateral Jepang dan Korea Selatan. Apalagi, kedua negara bertetangga itu sama-sama merupakan mitra terbesar AS di Asia.

“Mereka harus berdamai. Jika tidak, maka apa yang kita lakukan? Kedua negara harus duduk bersama dan mencari solusi,” tutur Donald Trump, dilansir dari Yonhap, Minggu (11/8/2019).

Relasi kedua negara berada dalam titik terendah setelah Jepang mengadopsi aturan baru pembatasan ekspor ke Korea Selatan awal Juli 2019. Kebijakan tersebut diambil sebagai balasan atas keputusan Pengadilan Korea Selatan yang mendesak Jepang segera membayar kompensasi kepada korban kerja paksa di era penjajahan.

Tokyo bahkan menghapus Korea Selatan dari daftar mitra perdagangan yang dipercaya. Tindakan tersebut memicu kemarahan dari Seoul yang mengancam akan mengakhiri kesepakatan berbagi informasi militer.

Pemerintah AS belum lama ini mengatakan siap untuk memfasilitasi dialog antara dua negara tersebut. Washington mengingatkan, kedua negara justru akan menderita konsekuensi berat dari hubungan yang terus memburuk dan mendesak agar segera mencari solusi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini