nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pritt.. Banyak Pelanggaran Lalu Lintas! Maba ITB Dibekali Safety Riding

Delia Citra, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 15:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 65 2090894 pritt-banyak-pelanggaran-lalu-lintas-maba-itb-dibekali-safety-riding-UYqkxfPoY7.jpg Foto: ITB Gelar Safety Riding (Ist)

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengadakan acara sosialisasi tentang safety riding kepada mahasiswa baru (maba) ITB di Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB. Tidak tanggung-tanggung, yang menyampaikan materi adalah Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Refdi Andri, secara langsung.

 Baca Juga: Anak Tukang Becak yang Lulus dari ITB Kini Ditunjuk Jadi Dosen Luar Biasa

Dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk menjadikan ITB sebagai pelopor keselamatan lalu lintas demi mewujudkan generasi milenial yang peduli akan keselamatan lalu lintas. Dalam hal ini ITB menjadi kampus pertama di Indonesia yang menjadikan ITB sebagai tempat pertama kali diadakannya sosialisasi ini.

Kampus dijadikan sebagai titik awal dalam menyampaikan sosialisasi ini karena umur mahasiswa sekarang adalah umur di mana banyak melakukan pelanggaran. Oleh karena itu dibutuhkan sosialisasi langsung oleh Korlantas untuk mengarahkan mahasiwa ke arah yang lebih baik.

 Baca Juga: ITB Tawarkan Aplikasi Canggih Pendeteksi Badai Pasir ke Arab Saudi

Refdi Andri mengatakan, bahwa lalu lintas merupakan urat nadi kehidupan dan lalu lintas adalah cermin budaya bangsa.

“Contohnya adalah Bandung dari hari ke hari semakin tertib. Tertibnya berlalu lintas maka mencerminkan tertibnya pengemudi. Lalu lintas juga mencerminkan tingkat ekonomi dan kesejahteraan suatu bangsa karena dalam kehidupan sehari-harinya membutuhkan lalu lintas yang aman,” ujarnya dilansir dari situs resmi Institut Teknologi Bandung, Senin (12/8/19).

Pada tahun 2018 tercatat korban kecelakaan lalu lintas kurang lebih sekitar 29 ribu orang. Dalam sehari ada sekitar 80 orang yang mengalami kecelakaan dan mayoritas yang mengalami itu adalah anak muda seperti pelajar atau mahasiswa.

Refdi berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, mahasiswa ITB dapat menyampaikan pesan yang baik tentang keamanan dalam berlalu lintas kepada teman, saudara, tertangga, dan orang tua sehingga keselamatan di Indonesia semakin hari semakin membaik.

“Untuk itulah saya mengucapkan terima kasih kepada rektor, dekan, dan mahasiswa yang telah memberi kesempatan untuk polisi datang ke ITB untuk menyampaikan hal ini,“ ucap Refdi.

“Cara berkendara yang baik itu yaitu harus menggunakan helm, gunakan sabuk pengaman (di dalam mobil), jangan melawan arus atau melanggar peraturan lalu lintas, karena seorang pengemudi butuh konsentrasi pada saat berkendara, jangan menggunakan handphone dan jangan menggunakan kendaraan melebihi kecepatan yang sudah ditentukan,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini