nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lanjutkan Pendidikan di Community College? Pahami Dahulu Plus Minusnya

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 08:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 12 65 2090986 lanjutkan-pendidikan-di-community-college-pahami-dahulu-plus-minusnya-nUbP9E9g6A.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Tidak semua orang mampu meneruskan pendidikannya hingga level doktor (S3) bahkan sarjana (S1) sekalipun. Hal ini karena bermacam alasan, salah satunya keterbatasan biaya dan waktu.

Untuk memudahkan anak muda belajar, ada istilah community college. Lalu apa itu?

 Baca Juga: Selain Kuliah, Sekolah Kejuruan Alternatif untuk Langsung Dapat Pekerjaan

Community college adalah perguruan tinggi setara D-3 di Indonesia dengan lama menempuh pendidikan dua tahun. Ketika sudah lulus bisa pindah ke kampus lain dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Community college juga sudah mendapat sertifikasi.

Di Amerika, community college menjadi opsi kedua bila Anda ingin memasukan anak Anda ke perguruan tinggi yang memiliki biaya lebih murah dari pada perguruan tinggi umum lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa community college menjadi pertimbangan banyak orangtua yang ingin memasukan anaknya ke community college, salah satu nya adalah biaya tahunan rata-rata biaya kuliah dan biaya yang hanya USD10.230, jika dibandingkan di perguruan tinggi negeri USD14.610.

 Baca Juga: Community College Jadi Alternatif Sebelum Masuk Universitas

Berikut plus minus mengkuliahkan anak Anda di community college seperti dilansir huffpost, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Plus:

1. Memudahkan untuk bisa berfikir lebih dewasa. Community college juga memiliki manfaat jika anak Anda belum tahu jurusan apa yang ingin ia ambil.

2. Community college dapat membantu menurunkan biaya pendidikan. Berbeda dengan perguruan tinggi negri maupun swasta lainnya yang setiap tahun biayanya akan naik, Community college bukan hanya lebih murah, namun setiap tahun biayanya akan menurun.

3. Cocok bagi yang ingin menabung sekaligus berhasil menyelesaikan sekolahnya.

Minus:

1. Community college dapat merusak transisi kehidupan kampus dan menjadi dewasa, karena menurut Elliot, comunnity college tidak bisa membuat mahasiswa menjadi berbaur dengan teman-temannya yang baru, jika siswa mendaftar ke community college seorang diri atau teman dari sekolah menengahnya tidak ada yang mendaftar juga, akan ada kemungkinan anak Anda sulit mendapatkan teman baru.

2. Community College tidak bisa menjanjikan sebuah perusahaan untuk menerima siswa nya, lain dengan anak-anak yang lulus dari sebuah perguruan tinggi negri ataupun swasta. Kekurangan dari Community College adalah ketika kuliah dua tahun, atau mendapatkan gelar sarjana lebih dari empat tahun di community college. Mahasiswa terlihat tidak akan lulus dari universitas ternama.

3. Sayanganya community college tidak menawarkan jurusan dan program akademik sebanyak universitas.

"Dari sudut pandang akademis, jumlah program yang ditawarkan biasanya jauh lebih sedikit daripada di universitas empat tahun," kata CEO Aston & James, sebuah perusahaan konsultan penerimaan MBA di Chicago, Nick Kamboj.

Karena sedikitnya jurusan yang disediakan di community college membuat anak tidak mampu meng-eksplore kemampuannya, hal ini diakui oleh Kamboj. Kamboj juga menyarankan bahwa jika anak Anda ingin menjadi ilmuwan ilmu saraf, community college mungkin bukan jalan yang harus ditempuh, kecuali ia kemudian pindah ke universitas yang lebih besar.

Intinya, Semua pendidikan itu penting dan memiliki kekurangan dan kelebihan sama hal nya seperti Community College dan Perguruan Tinggi pada umumnya. Hanya saja yang perlu diperhatikan bagaimana kita menyesuaikan pengeluaran dan penghasilan yang kita miliki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini