nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituntut Pelajari Banyak Buku Teori, Ini 10 Cara Menyiasatinya

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 10:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 12 65 2091002 dituntut-pelajari-banyak-buku-teori-ini-10-cara-menyiasatinya-zKEg8Cg1nh.jpg Ilustrasi Baca Buku (Foto: Picjumbo)

JAKARTA- Uang sekolah bukan lagi menjadi salah satu biaya pendidikan tinggi yang menjadikan bayar kuliah sebagai tantangan. Justru saat ini, siswa dapat lebih banyak menghabiskan uang hanya untuk membeli buku.

Menurut data survei terbaru dari Dewan Perguruan Tinggi, mahasiswa menghabiskan sekitar USD1.290 untuk buku dan persediaan selama tahun akademik 2018-2019. Sementara hampir setiap buku teks perguruan tinggi saat ini tersedia secara digital, buku teks bersampul tebal bisa mahal.

Untuk siswa yang ingin mengurangi biaya, berikut ada 11 cara menurunkan pengeluaran buku yang dilansir dari U.S.News, Selasa (13/8/2019).

1. Beli Format Digital

Perbedaan biaya antara versi digital dan cetak dari buku bisa sangat dramatis. Perusahaan buku biasanya menjual teks dalam berbagai bentuk, termasuk digital dan kadang-kadang dalam binder.

Baca Juga: Intip Gaji Lulusan di 20 Jurusan Kuliah Ini, Jurusan Teknik Bikin Mata Mendelik

Tentu lebih murah daripada versi tradisional. Contohnya salinan baru dari "Campbell Biology" edisi ke-11, dapat berharga lebih dari USD200. Versi digital atau e-book, dari edisi yang sama dapat jauh lebih murah sekitar USD120, sedangkan versi lepas harganya sekitar USD165.

2. Pertimbangkan teks versi lama

Penerbit sering merilis edisi baru setiap beberapa tahun, tetapi versi terbaru harganya sedikit lebih mahal dari edisi sebelumnya. Jika ragu, tanyakan kepada profesor untuk memastikan edisi yang lebih lama tidak akan menyebabkan kebingungan untuk penugasan dan nomor halaman yang bervariasi.

Baca Buku

3. Manfaatkan sumber daya pendidikan

Sumber daya pendidikan terbuka, yang dikenal sebagai OER, adalah bahan ajar, seperti buku teks, yang tersedia secara online gratis. Organisasi advokasi kepentingan umum mengatakan sekolah yang berinvestasi dalam pendidikan terbuka atau sumber daya berbiaya rendah dalam kurikulum tentu saja menghasilkan penghematan yang signifikan bagi siswa.

4. Beli buku bekas

Toko buku kampus atau penjual buku bekas dapat membantu siswa menghemat uang. Karena dengan membeli buku bekas jauh lebih murah dibandingan beli buku baru. Jika ingin membeli buku bekas disarankan agar memeriksanya terlebih dahulu agar tidak salah membeli edisi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Daftar 20 Peringkat Universitas di Indonesia, No 1 UGM

5. Berburu buku diskon

Perguruan tinggi sering bermitra dengan perusahaan yang menawarkan pengurangan harga kepada siswa mereka. University of Wisconsin Milwaukee misalnya, bermitra dengan eCampus.com untuk diskon buku pelajarannya.

University of Missouri memiliki perjanjian dengan McGraw-Hill Education yang memungkinkan siswa untuk membeli buku teks elektronik penerbit hingga 38% dari harga eceran, siswa memiliki akses ke konten yang dibeli selama lima tahun

6. Beasiswa buku

Beberapa institusi menawarkan beasiswa untuk menutupi biaya buku dan persediaan. Universitas Dayton di Ohio misalnya, menawarkan beasiswa untuk siswa yang memenuhi syarat yang mengunjungi kampus sekolah selama proses seleksi perguruan tinggi mereka.

Untuk penghargaan, sekolah memberi siswa hingga USD500 per semester untuk buku, selama pembelian dilakukan melalui toko buku kampus. Dengan adanya beasiswa buku teks ini benar-benar menghemat siswa dalam membeli buku dan tidak mengeluarkan uang yang terlalu banyak hanya untuk membeli buku saja.

7. Gunakan perpustakaan

Para ahli merekomendasikan agar para siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah mereka untuk memangkas pengeluaran buku pelajaran. Seringkali ada salinan buku pelajaran yang diperlukan untuk kelas yang diadakan di cadangan kursus serta akses ke banyak jurnal elektronik dan e-book di sebagian besar koleksi perpustakaan digital sekolah. Hal ini juga sangat membantu, pasalnya perputakaan akan menyediakan buku dari berbagai pelajaran.

Perpustakaan

8. Sewa buku teks digital

Pengecer online seperti Amazon Textbook Store, Chegg.com dan Google Play menawarkan penyewaan buku. Misalnya seorang siswa dapat menyewa "Fundamentals of Engineering Thermodynamics" edisi kesembilan melalui Google Play dengan harga sekitar USD30, sebagian kecil dari biaya pembelian buku dalam format tradisional. Periode dan ketentuan sewa bervariasi antar vendor.

9. Berlangganan

Beberapa diskon buku tersedia melalui layanan berbasis langganan. Cengage, penerbit terkenal, menawarkan langganan yang harganya sekitar USD120 per semester untuk akses tak terbatas ke lebih dari 20.000 materi kursus digital, yang termasuk buku pelajaran. Dengan harga segitu siswa menjadi hemat dan bisa akses buku apapun dalam satu semester karena sudah berlangganan.

Perpustakaan

10. Jual buku Anda melalui penawaran pembelian kembali

Biasanya ada opsi untuk menjual kembali buku teks tradisional edisi terbaru secara online melalui perusahaan seperti Amazon. Kadang-kadang toko buku kampus, seperti yang ada di East Carolina University akan memiliki tanggal yang ditentukan ketika siswa dapat mulai menjual buku teks bekas. Siswa juga mungkin diminta untuk menunjukkan ID universitas mereka. Ada juga opsi lain untuk menjual buku teks bekas secara online.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini