nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah di Luar Negeri? Jangan Lupa 5 Persiapan Penting Ini

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 20:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 12 65 2091010 kuliah-di-luar-negeri-jangan-lupa-5-persiapan-penting-ini-SwfzNkNGdW.jpg Ilustrasi Mahasiswa (Foto: Shuttertock)

JAKARTA - Ketika Anda memutuskan untuk kuliah di perguruan tinggi di luar negeri, ada hal yang mesti diperhitungkan salah satunya biaya untuk kehidupan sehari-hari di sana.

Biaya kuliah yang mahal akan menjadi beban kuliah di luar negeri. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menjadi pertimbangan bila Anda kuliah di luar negeri seperti dilansir huffpost, Senin (12/8/2019)

1. Biaya perjalanan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan jika harus bolak balik ke luar negeri.

Baca Juga: Australia, Amerika dan Inggris Negara Tujuan Favorit Lanjut Studi ke Luar Negeri

Dekan Sekolah Studi Profesional dan Berkelanjutan Universitas Fordham di New York City Anthony Davidson mengatakan, ada hal yang perlu dipertimbangkan jika kuliah di luar negeri adalah harga tiket pesawat. Bukan hanya sekali atau dua kali setahun akan bolak-balik ke kampus, tetapi beberapa kali. Hal ini membuat biaya pengeluaran menjadi lebih mahal yang harus dipikirkan.

Baca Buku

2. Biaya Kesehatan

Hal ini juga penting untuk dipertimbangkan jika melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang berada di luar negri. Masalah kesehatan menjadi sulit untuk dikelola dari jauh. Apalagi, mahasiswa baru yang memiliki masalah dengan depresi atau kegelisahan dan meminta bantuan dari jarak jauh bisa rumit. Bukan berarti Anda perlu menjadi waspada, tapi itu hal lain untuk dipikirkan.

Baca Juga: Hitung-hitungan Kuliah di Luar Negeri

3. Pakaian Baru

Pakaian hal penting yang perlu diperhatikan terutama remaja yang suka untuk mengkombinasikan pakaian yang cocok saat dia pergi kuliah. Lalu pakaian yang anak anda bawa dari rumah bisa saja berbeda dengan kebudayan atau iklim yang ada di negara perguruan tinggi nya. Maka dari itu, hal ini juga dapat menjadi pertimbangan jika pergi ke suatu acara di negara itu dan membeli baju baru.

4. Kurangnya bantuan biaya

Sabrina Manville, mantan administrator universitas dan salah satu pendiri Edmit, sebuah situs web yang membantu orang tua dan siswa mengatakan banyak keluarga melamar ke perguruan tinggi negeri dengan berpikir bahwa mereka lebih terjangkau. Tetapi di luar negara, perguruan tinggi itu seringkali lebih mahal daripada banyak sekolah swasta bagi keluarga-keluarga.

Jadi, tidak bisa dipungkiri bahwa bantuan biaya juga perlu dipikirkan. karena cukup sulit meminjam bantuan biaya untuk biaya anak yang bersekolah di perguruan tinggi negara lain.

5. Biaya Selama Kuliah

Hal yang jarang dipikirkan bagi kebanyakan orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya ke perguruan tinggi yang berbeda negara, justru perlu sangat dipikirkan. Kadang siswa berangkat ke perguruan tinggi di luar negri dan mereka tidak siap untuk mengambil langkah akan balik lagi ke rumahnya, hal seperti ini justru membuat banyak sekali kerugian, anak-anak seperti itu biasanya anak yang belum bisa hidup mandiri dan jauh dari orangtua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini