nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pramuka di Era Industri 4.0? Perlu Menyesuaikan Milenial

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 16:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 14 65 2091862 pramuka-di-era-industri-4-0-wajib-menyesuaikan-milenial-8MBmNTOM7V.jpg Pramuka (Foto: Okezone)

JAKARTA – Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Di tengah perkembangan zaman dan era teknologi, Gerakan Pramuka harus disesuikan dengan kondisi kekinian.

Baca Juga: Gaya Klasik Ibu Tien Saat Pimpin Rapat Pramuka

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Ristekdikti Ali Ghufron Mukti mengakui, animo Pramuka saat ini tidak seperti zaman dahulu. Padahal, kata dia, nilai-nilai Pramuka masih sangat relevan dengan perkembangan zaman. Guna menarik minat anak muda, Ghufron menyarankan supaya program-program yang ada di dalam Pramuka bisa menyesuaikan supaya kaum milenial tertarik.

Pramuka

“Dari mulai alat-alat modern, terutama revolusi industri 4.0 ini harus dimanfaatkan, karena Pramuka sendiri yang misinya adalah membangun karakter dan kebersamaan lalu hal itu bisa dikolaborasikan dengan teknologi-teknologi yang ada” ujarnya, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga: Soekarno Kerap Membawa Tamu Asing ke Jalan Pramuka, Kenapa?

Menurutnya, nilai-nilai yang diajarkan pada Pramuka mampu membangun karakter unggul terhadap pesertanya. “Jadi bagaimana teknologi bisa dimasukan (ke dalam kegiatan Pramuka). Jadi kalau dahulu harus ke lapangan, ke Cibubur, itu saya kira bagus bisa berkumpul untuk mencari suasana yang segar,” imbuh dia.

Tetapi, Pramuka tidak boleh meninggalkan satu perkembangan teknologi revolusi yang sangat membantu. Dia mencontohkan, memberi comment dengan jejaring internet of thing. “Meskipun sedang istirahat di rumah, tetapi bisa cepat gitu" tegas, mantan Dekan Fakultas Kedokteran UGM ini.

Kelebihan yang didapatkan bagi siswa yang ikut dalam kegiatan Pramuka, kata dia akan memiliki karakter jiwa yang berbeda dengan anak yang tidak ikut Pramuka. Umumnya, peserta Pramuka akan lebih biasa dengan tantangan dan bisa memecahkan masalah, “Mereka memiliki karakter yang kuat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pada kehidupan yang sesungguhnya. Sikap kepemimpinannya atau leadership nya juga akan lain,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini