nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuki Dunia Kampus, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 06:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 14 65 2091875 masuki-dunia-kampus-apa-saja-yang-perlu-dipersiapkan-7zBh9uefi4.jpg Mahasiswa AS (Reuters)

JAKARTA - Waktu liburan mahasiswa sebentar lagi akan usai. Banyak persiapan yang harus dilakukan untuk memulai semester baru.

Persiapan semester baru tidak lepas seperti mengelola akademisi, kegiatan ekstrakurikuler dan kehidupan sosial yang akan segera dimulai. Selain itu, perlu juga keseimbangan jasmani seperti berolah raga, makanan bergizi, dan kebiasaan sehat lainnya.

Oleh sebab itu, sebelum menyambut semester baru, para mahasiswa perlu menjaga tubuh dan pikiran lebih prima dan sehat. Hal ini untuk menyambut kesibukan di semester baru.

 Baca juga: Dituntut Pelajari Banyak Buku Teori, Ini 10 Cara Menyiasatinya

Melansir hercampus, Jakarta, Kamis (15/8/2019), berikut resolusi kebugaran yang perlu dicatat dalam menghadapi semester baru.

1. Saya akan berolahraga tiga hari per minggu

Menghabiskan waktu di gym dapat membuat mental dan fisik Anda semakin sehat. Berolah raga akan membuat Anda merasa lebih berenergi dan membantu untuk menjalani hiruk pikuknya kegiatan kampus.

 Olah raga

Anda berhasil menjalani hari-hari Anda yang penuh sesak. Ahli diet, Katie Ferraro mengatakan berolahraga akan membuat Anda merasa lebih baik.

"Selain semua pembakaran kalori yang bisa Anda dapatkan, olahraga melepaskan endorfin dan perasaan senang," katanya.

 Baca juga: Kuliah di Luar Negeri? Jangan Lupa 5 Persiapan Penting Ini

Pelatih kesehatan holistik bersertifikat Carly Lockman mengatakan cardio juga membantu melepaskan dopamin dan serotonin, yang membantu mengatasi stres dan merupakan sesuatu yang pasti bermanfaat bagi setiap mahasiswa.

Disarankan berolahraga harus dilakukan dalam waktu setidaknya 150 menit per minggu. Anda bisa memecahkan latihan Anda dengan beberapa cara salah satunya yaitu Anda bisa melakukannya lima hari perminggu dan setidaknya 30 menit sehari.

2. Ajak teman Anda untuk Berolah raga

Jika Anda kesulitan untuk pergi ke gym sendiri, daftarlah kelas kebugaran bersama seorang teman. Komitmen untuk kelas dan teman Anda adalah motivator hebat untuk membuat Anda berminat untuk berolahraga!

Spesialis nutrisi bersertifikat Jason Boehm merekomendasikan kelas intensitas tinggi. Kelas-kelas seperti CrossFit, kickboxing, atau spinning semuanya dapat memberi Anda latihan hebat yang benar-benar membuat Anda berkeringat.

 Baca juga: 8 Tips Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah

3. Rajin berjalan kaki

Jalan kaki adalah cara yang menyenangkan untuk memotivasi diri agar tetap bugar. Tujuan menyelesaikan perjalanan tersebut akan membantu Anda mengatur rutinitas latihan yang konsisten untuk pelatihan.

Ketika hari perlombaan tiba, motivasi pasti akan terus datang, apalagi jika penonton bersorak untuk Anda dari sela-sela! Plus, seperti yang disarankan Ferraro, Anda bahkan dapat berlari atas nama badan amal untuk memberi kembali kepada orang lain.

Tidak mungkin ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan posisi tinggi sebagai pelari!

4. Pilih tangga daripada lift

Buatlah aktivitas sehari-hari menjadi olah raga. Dari hal simple yaitu ubah pola penggunaan lift menjadi tangga.

Dengan adanya tangga yang tersebar di asrama, apartemen, dan bangunan kelas, ada banyak peluang untuk berolahraga tanpa harus memikirkannya. Jika Anda tinggal beberapa lantai di apartemen atau ruang pertemuan atau memiliki kelas di lantai atas bangunan, biasakan naik tangga ke tempat atau kelas Anda tanpa harus menggunakan lift.

 Baca juga: Jelajahi Perguruan Tinggi Favorit Cukup Lihat Akun Sosial Medianya

5. Saya akan bergabung dengan tim olahraga intramural

Bergabunglah olah raga intramural. Banyak tim hanya berlatih seminggu sekali, jadi tidak ada alasan untuk tidak keluar dan bermain selama satu jam atau lebih!

Bergabunglah dengan tim dari asrama Anda atau organisasi lain yang terlibat dengan Anda di kampus.

6. Saya akan masak sendiri 5 kali per minggu

Ketika Anda memiliki jadwal yang sibuk, mungkin Anda lebih memilih memesan via telepon ke restoran cepat saji. Tetapi hal itu mungkin nyaman dalam jangka pendek, dan sebenarnya hal itu akan memakan biaya pada tubuh Anda dan dompet Anda nanti.

 Baca juga: Fresh Graduate Ingin Cepat Dapat Kerja? Siapkan 5 Hal Ini

Anda disarankan untuk membatasi makan di luar satu hingga dua kali per minggu dan merencanakan makanan masakan sendiri. Sehingga Anda akan selalu memiliki sesuatu yang sehat saat Anda lapar. Karena jika kita makan di luar, kita tidak tahu restoran tersebut menggunakan bahan-bahan seperti apa, apakah itu sehat atau tidak. Karena biasanya restoran hanya menggunakan bahan-bahan yang sangat hemat biaya.

7. Hindari makan larut malam sambil menonton

Kongkow sampai larut malam adalah cirri khas mahasiswa. Meskipun makan malam bukan kebiasaan yang paling ideal, Anda masih bisa memanfaatkan hal yang terbaik dengan menonton.

Anda juga harus memperhatikan makanan dan minuman yang mungkin tidak Anda sadari mengandung gangguan tidur.

 Baca juga: Ini 4 Tanda Anda Bisa Kuliah Sambil Kerja

Tidur

8. Saya akan tidur 7-8 jam per hari

Anda harus memastikan bahwa Anda tidur dengan cukup. Spesialis tidur Mayo Clinic Timothy Morgenthaler merekomendasikan tidur tujuh hingga delapan jam per malam untuk orang dewasa.

Selain itu, kurangi waktu yang Anda habiskan untuk online di ponsel pada siang hari, yang akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan membuat Anda punya waktu untuk bersantai dan mempersiapkan diri untuk tidur di malam hari.

9. Perhatikan minuman Anda

Saat Anda kembali ke kampus, kemungkinan Anda akan melampiaskan dengan minuman-minuman yang tidak biasa. Tetapi penting untuk memperhatikan apa yang Anda miliki.

Jika Anda berencana untuk minum, lakukan sesuatu yang rendah kalori dan memberhentikan segala sesuatu yang mengandung gula. Es teh dan margarita Long Island, misalnya, masing-masing memiliki lebih dari 700 kalori, jadi sebaiknya hindari itu.

 Baca juga: Hilangkan Iri atas Kesuksesan Teman, Berikut Caranya

Minum

10. Minumlah air putih kurangi soda

Ada banyak alasan bagus untuk mencintai air. Mengurangi soda dan minuman manis demi H2O akan membantu Anda tetap berenergi lebih lama. Hal ini dikarenakan soda mengandung kalori kosong tanpa manfaat nutrisi, sehingga tidak membuat Anda kenyang.

 Baca juga: Trik Sukses Nego Gaji, Baca Dulu UMR hingga UMP 2018

11. Saya akan bersantai selama setengah jam per hari

Dengan semua kerja keras yang Anda lakukan di siang hari, Anda perlu istirahat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani Anda. Sisihkan setidaknya setengah jam setiap hari untuk melakukan sesuatu untuk bersenang-senang.

Dengan Anda istirahat, membuat Anda merasa bersemangat dan siap untuk bekerja dan membantu Anda menghindari gangguan di kemudian hari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini