nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PTN hingga PTS Minta Didatangi Ilmuwan Diaspora

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 19:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 65 2091969 ptn-hingga-pts-minta-didatangi-ilmuwan-diaspora-MUDCxrb4yG.jpg Ali Ghufron Mukti (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membuka peluang bagi diaspora Indonesia untuk bisa membagikan ilmu dan pengalamannya saat bekerja di luar negeri. Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah pun membuat program bagi dosen milenial yang telah menjadi diaspora.

Baca Juga: Senyum Manis Tasya Kamila di The 5Th Congress Diaspora

"Program ini dibuat sebagai jembatan untuk bagaimana orang-orang ilmuan di Indonesia kemudian bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di sana untuk dikembangkan di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Ali Ghufron Mukti saat berkunjung ke Redaksi Okezone.

Ali Ghufron Mukti (okezone)

Menurutnya, kehadiran ilmuwan dari luar negeri memang menjadi daya tarik bagi para akademisi di Indonesia. Apalagi mereka yang sedang mengikuti kolaborasi riset.

Baca Juga: 2.500 Dosen dan Milenial Tertarik Ikuti Simposium Bersama Ilmuwan Diaspora

Dia mengatakan, antusias perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk bisa memberdayakan talenta yang dimiliki ilmuan diaspora sangat tinggi. Oleh karena itu, nantinya Kemenristek akan membuka peluang supaya diaspora bisa mengajar di perguruan tinggi negeri, swasta bahkan perguruan tinggi di bawah koordinasi kementerian lain untuk ikut serta.

"Tercatat, sebanyak 65 perguruan tinggi di berbagai daerah mengusulkan diri untuk didatangi ilmuwan diaspora," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, diaspora Indonesia merupakan harta karun bagi perekonomian nasional. Oleh sebab itu, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah dan diaspora untuk mendorong pembangunan Indonesia.

Lantaran, lanjutnya, diaspora merupakan orang-orang yang terbukti memiliki daya saing sangat tinggi di tingkat global. Nampak dari kemampuan mereka yang bisa mendapatkan pekerjaan, pendidikan, hingga berbisnis di luar negeri.

Sehingga menurut Retno, diaspora Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru dunia dapat mendukung usaha pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM).

"Diaspora is a treasure of Indonesia. Diaspora bisa menjadi agen pengembangan sumber daya manusia Indonesia," ujar Retno

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini