nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditabrak Kawanan Burung, Pesawat Maskapai Rusia Lakukan Pendaratan Dramatis Tanpa Roda

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 16:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 15 18 2092314 ditabrak-kawanan-burung-pesawat-maskapai-rusia-lakukan-dramatis-tanpa-roda-Fiv5f9HT0S.jpg Pesawat Ural Airlines Airbus A321 mendarat darurat di sebuah ladang jagung di luar Moskow. (Foto: Reuters)

MOSKOW - Sebuah pesawat penumpang Ural Airlines yang membawa 262 penumpang dan tujuh kru mendarat darurat tanpa menggunakan roda di pedesaan di dekat Moskow setelah bertabrakan dengan kawanan burung atau yang biasa disebut dengan ‘birdstrike’.

Ural Airlines mengatakan bahwa pesawat Airbus A321 yang bertolak menuju Simferopol, Krimea itu menabrak beberapa burung camar atau gagak, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Zhukovsky Moskow. Tanpa roda pendaratan yang dikeluarkan, pesawat itu melakukan pendaratan darurat dengan lambungnya di sebuah ladang jagung sekira 1 kilometer dari landasan pacu.

Pilot dilaporkan mematikan mesin beberapa saat sebelum pendaratan keras itu untuk mencegah terjadinya kebakaran.

BACA JUGA: 10 Insiden Mengerikan Pesawat Airbus A320

CEO Ural Airlines Sergey Skuratov mengatakan bahwa birdstrike dalam skala itu adalah sesuatu yang luar biasa.

"Ini sangat langka, itu mungkin terjadi sekali dalam 50 tahun," katanya sebagaimana dilansir RT, Kamis (15/8/2019).

Untungnya, tidak ada kebakaran yang terjadi di dalam pesawat Airbus itu dan tidak ada korban yang tewas dalam insiden mengerikan tersebut. Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa 23 penumpang, termasuk lima anak-anak, menderita luka ringan dan dirawat di rumah sakit.

Sementara itu, maskapai memuji kru untuk profesionalisme selama pendaratan yang berbahaya serta untuk "evakuasi yang terorganisir dengan baik".

Orang-orang kemudian menggambarkan pengalaman traumatis yang mereka alami.

"Mesin berbunyi beberapa kali, mereka mencoba menghidupkannya kembali tetapi kami mulai turun," tulis seorang lelaki di Twitter mengunggah video jet.

"Sekarang aku percaya pada Tuhan, pasti".

Insiden Kamis mengingatkan pada insiden 2009 yang dikenal sebagai Keajaiban di atas Hudson' yang melibatkan pesawat US Airways Penerbangan 1549, ketika sebuah Airbus A320 diterbangkan oleh Kapten Chesley Sullenberger dan Jeffrey Skiles menabrak sekawanan angsa setelah lepas landas dari Bandara LaGuardia, New York dan kehilangan semua tenaga mesin. Karena tidak dapat mendarat di bandara mana pun yang tersedia, mereka harus mendaratkan pesawat tersebut di Sungai Hudson di luar Manhattan, dengan semua 155 penumpang dan kru diselamatkan oleh feri dan kapal terdekat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini