nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

India Berencana Longgarkan Keamanan di Kashmir

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 19:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 16 18 2092917 india-berencana-longgarkan-keamanan-di-kashmir-SRoIjpq3ly.jpg Prajurit India siaga di Kashmir. Foto/Reuters

DELHI - Pemerintah India akan mencabut pembatasan pengerahan massa dan jaringan komunikasi di Kashmir dalam beberapa hari ke depan, kata pemerintah pada Jumat, menanggapi kritikan terhadap penindasan ketat di wilayah bersengketa selama bertahun-tahun.

Jaringan internet serta telepon terputus dan perkumpulan publik dilarang di Kashmir pada Agustus ini tepat sebelum New Delhi mencabut status otonomi wilayah mayoritas Muslim tersebut di bawah konstitusi India untuk menghadang aksi protes massa.

Foto/Reuters

Baca juga: Pakistan Desak DK PBB Gelar Pertemuan, Bahas Tindakan India di Kashmir

Baca juga: India Tahan Sedikitnya 300 Politisi dan Separatis Pasca-Pencabutan Status Otonomi Kashmir

Pengisolasian Lembah Kashmir, rumah bagi hampir tujuh juta orang, menuai banyak kritikan dan pada Jumat Mahkamah Agung India mendengarkan petisi dari salah satu editor surat kabar, yang berupaya memulihkan jaringan komunikasi sehingga para jurnalis dapat kembali bekerja.

Foto/Reuters

Editor eksekutif Kashmir Times, Anuradha Bhasin mengatakan kepada awak media di depan pengadilan bahwa ia tak dapat menghubungi anak buahnya lantaran jaringan telepon, baik telepon seluler maupun telepon rumah serta internet terputus.

Pengacara pemerintah, Tushar Mehta, mengatakan kepada pengadilan pasukan keamanan sedang meninjau kembali situasi tersebut dan berencana untuk mencabut pembatasan dalam "beberapa hari ke depan".

Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan pencabutan status otonomi khusus Kashmir untuk membebaskan wilayah itu dari terorisme dan separatisme.

Modi menekankan bahwa faktor keamanan adalah salah satu alasan utama mencabut otonomi khusus Kashmir yang bersejarah.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini