nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Mahasiswa Baru? Simak 8 Kiat Cari Teman Sejati

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 07:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 16 65 2092849 jadi-mahasiswa-baru-simak-8-kiat-cari-teman-sejati-cSzBFByQrs.jpg Ilustrasi Mahasiswa (Foto: Shuttertock)

JAKARTA – Mengawali tahun di Perguruan Tinggi mungkin terasa sulit bagi sebagian mahasiswa baru. Kuliah akan terasa sulit ketika teman kuliahmu tidak bisa bekerja sama dengan baik, apalagi dirimu jauh dari orang tua dan tugas menumpuk membuat mudah stres.

Masa-masa kuliah adalah masa di mana kamu akan bertemu orang-orang baru dan lingkungan baru. Sebagian dari kamu mungkin tengah beradaptasi untuk menjalani hari-hari baru di tempat kuliah.

Namun perlu diketahui bahwa banyak sekali sifat teman yang akan kamu temui dari mulai teman yang cuek sampai teman yang sangat perhatian kepadamu.

Baca Juga: 5 Jurus Anti-Stres Buat Mahasiswa Baru di Kampus

Okezone telah merangkum berbagai macam jenis teman yang akan dtemui mahasiswa baru di kampus dan cara mengetahui apakah mereka teman sejati atau tidak, di lansir dari hercampus.com, Sabtu (17/8/2019).

1. Teman sekamar

Teman sekamar biasanya sangat mengenal baik, buruknya sifat karena akan bersama sampai tahun ajaran berakhir. Mulai dari nonton drama korea bersama hingga hal lainnya akan dilakukan bersama teman sekamar.

Mahasiswa UNS

Walau begitu apakah Anda tahu kalau teman sekamarmu adalah teman sejati?

Mereka teman sejatimu, jika dapat memperlakukanmu dengan baik. Banyak orang terlihat baik di awal kemudian telihat sifat aslinya di akhir. Namun, teman sejati akan selalu menghormatimu dan memperlakukanmu dengan baik apapun kondisinya.

Baca Juga: Menhan Beri Kuliah Umum di Hadapan Mahasiswa Baru UNS

Menghormatimu bukan berarti mereka harus tunduk, tetapi tidak mengambil barangmu tanpa izin atau melibatkanmu dalam konfliknya dengan orang lain, hal itu termasuk sifat menghormati mu dan memperlakukanmu dengan baik.

2. Hallmate

Kalau kamu sekamar dengan banyak orang, setidaknya kamu akan bersahabat dengan satu hallmate atau salah satu dari teman sekamarmu. Tetapi bagaimana Anda bisa tahu kalau persahabatan ini lebih dari sekadar kedekatan?

Mereka teman sejatimu jika mereka memiliki komunikasi yang baik denganmu.

3. Teman Sekelas

Kita semua pasti akan menemukan macam-macam teman sekelas. Kita selalu berinteraksi dengan teman-teman yang karakternya berbeda-beda, mulai dari yang serius sampai unik. Meskipun kamu sering bersama-sama dengan salah satu teman sekelasmu, membicarakan hal-hal yang tidak terkait dengan kelas, tidak ada yang tahu apakah hubungan ini akan bertahan setelah sampai tahun ajaran berakhir?

Mereka teman sejatimu jika mereka mau bekerja bersama, masuk dan keluar dari ruang kelas.

Persahabatan seperti ini bisa kamu mulai dengan membangun dasar kepercayaan dan koneksi yang jujur. Dan kamu dapat melakukan langkah pertama dengan mencari waktu untuk membicarakan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan sekolah. Saat istirahat belajar, mulailah mengobrol tentang rencana akhir pekan atau film favoritmu.

Mahasiswa UGM

4. Teman Party

Berkumpul dan datang ke sebuah pesta bersama teman-teman terdekat memang menjadi kegiatan yang menyenangkan, terlebih jika di hari-hari biasa para sahabat tersayang susah ditemui karena padatnya aktivitas.

Jika terus-menerus berada di pesta yang sama, dan mungkin bahkan bermain bersama. Tapi bagaimana kamu bisa tahu kalau mereka adalah teman-teman sejatimu?

Mereka adalah teman sejati jika selain di dalam pesta, mereka tetap baik kepadamu.

5. Teman Organisasi

Buat sebagian mahasiswa aktif di semua kegiatan kampus merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak menjadi mahasiswa kupu-kupu alias mahasiswa yang suka kuliah - pulang akan mendapat suatu kebanggan sendiri. Teman sejati tidak hanya didapat di kelas atau di tempat dansa, jika kamu ikut aktif organisasi kamu juga bisa mendapat teman sejati.

6. Senior di Kampus

Terkadang perbedaan usia dapat membuat membuat canggung antara dua orang. Temanmu yang usianya lebih tua atau memang dia adalah seniormu di kampus sering memberi tahu apa yang sebaiknya kamu harus lakukan di kampus. Namun, mereka bisa dibilang teman sejati jika mereka bisa memperlakukan mu setara dengan mereka, tidak ada perbedaan umur ataupun status di dalam pertemananmu.

Mahasiswa UGM

7. Junior di Kampus

Memiliki banyak relasi membuat wawasanmu akan menjadi luas, termasuk memiliki relasi dengan juniormu di kampus. Jangan salah, kadang juniormu memiliki banyak pengalaman dan bisa mereka share denganmu sebagai tambahan wawasan. Namun mereka akan menjadi teman sejatimu jika mereka mereka memiliki banyak waktu untuk berbicara denganmu.

8. Mentor di Kampus.

Jangan salah, teman juga bisa kalian anggap sebagai mentor jika mereka bisa menguasai matakuliah yang kamu kurang paham dan mereka tidak segan-segan untuk mengajarimu matakuliah yang kamu belum pahami. Namun, mereka akan menjadi teman sejati jika mereka mau belajar dari kamu juga dan tidak merasa jadi orang yang paling dibutuhkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini