nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resah Tak Kunjung Dapat Kerja, 8 Nasihat Ini Bikin Adem

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 11:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 65 2094206 resah-tak-kunjung-dapat-kerja-8-nasihat-ini-bikin-adem-bncrdjr2va.jpg Foto: Perayaan Kelulusan Kuliah (Usatoday)

JAKARTA- Setelah menjadi lulusan baru, pasti banyak yang bertanya “Apa sudah dapat kerja?” Pertanyaan itu tentu tentu membuat resah, karena sudah empat tahun menimba ilmu di perguruan tinggi tidak langsung mendapat pekerjaan.

Jangan sedih ataupun takut, kekhawatiran seperti itu bisa diatasi dengan memperhatikan dan meresapi sebuah nasihat.

Baca Juga: Diaspora 'Pulang Kampung' Bangun SDM Unggul

Berikut 8 buah nasihat yang perlu didengar setiap lulusan baru di usia 20 tahun, dilansir hercampus.com, Selasa (20/8/2019).

1. Percaya bahwa Anda Memiliki Bakat

Seperti banyak orang pada umumnya, mendapat pekerjaan pertama itu sebagai keberuntungan. Namun bukan hanya itu ternyata, pekerjaan pertama yang didapat karena Anda memiliki bakat sehingga layak untuk mendapat uang sebanyak-banyaknya.

Wisuda

2. Dengarkan dan Pelajari

Jika seseorang meminta Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak ada dalam deskripsi pekerjaan, itu tidak berarti Anda menerima perlakuan buruk. Tetapi tetaplah rendah hati dan pelajari dari lawan Anda agar mengetahui banyak hal.

Baca Juga: Wawancara Khusus, Presiden Jokowi: Bangun Infrastruktur-SDM Jadi Fondasi Kuat Ekonomi RI

3. Akan Ada Masa Lebih Unggul dari Pekerja Lain

Teman-temanmu akan berubah. Ketika kamu kuliah, kamu akan kehilangan kontak dengan teman-teman sekolahmu.

Kemudian kamu akan memulai pekerjaan baru dan mungkin tinggal di tempat yang berbeda dari teman kuliah atau akan berakhir di industri yang berbeda dan tidak akan memiliki apa-apa untuk dibicarakan.

Tetapi itu tidak masalah, karena Anda akan menemukan teman baru di pekerjaan Anda, atau di mana pun Anda menghabiskan waktu Anda.

wawancara kerja

4. Jangan Buang Waktu dan Terobsesi dengan Penampilan

Aku dulu khawatir tentang bagaimana aku terlihat dan betapa kurusnya aku dan kemudian ketika aku semakin tua. Aku tidak benar-benar tahu mengapa aku peduli akan hal tersebut.

5. Bertemanlah dengan Orang-Orang yang Baik

Bertemanlah dengan orang-orang yang baik dan peduli padamu. Jika menemukan orang-orang yang memperlakukanmu seperti sampah, jangan masukkan ke dalam hati.

Tidak ada yang terlihat cukup untuk mengimbangi mereka untuk mengatakan sesuatu yang jahat kepadamu di depan teman-temanmu.

6. Ingatlah bahwa Mencari Pekerjaan Membutuhkan Waktu

Kamu harus siap untuk itu. Dan aku melihat banyak orang, bahkan orang-orang yang saat ini bekerja, sebagian besar pernah mengalami penolakan pekerjaan.

Wisuda

Begitulah dunia ini dan itu tidak berarti bahwa semuanya kesalahan Anda. Karena seseorang menolak Anda itu hanya berarti Anda tidak cocok untuk perusahaan itu.

7. Berbaik Hatilah pada Diri Sendiri

Ini adalah transisi yang sulit jadi jadilah dirimu sendiri. Tidak mudah datang dari perguruan tinggi dan bekerja setiap hari. Tetapi, tetap bersikap baiklah pada dirimu sendiri walaupun itu melelahkan, membosankan, dan mungkin tidak nyaman tetapi Anda akan terbiasa akan hal tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini