nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eka Setiawan, Anak Tukang Bubur yang Dapat Beasiswa S2 dan S3 Sekaligus di IPB

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 21:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 65 2094517 eka-setiawan-anak-tukang-bubur-yang-dapat-beasiswa-s2-dan-s3-sekaligus-di-ipb-0Anbb12pom.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Mahasiswa IPB University Eka Setiawan dari Program Studi Biologi Tumbuhan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi S2 sekaligus S3 setelah lulus sarjana di IPB.

Eka berhasil mendapatkan beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) dengan promotor Prof Dr Tatik Chikmawati.

 Baca Juga: Ternyata Tulang Ikan Tuna Bisa Disulap Jadi Penyerap Limbah Logam Berat

Berasal dari keluarga yang sederhana, tidak menjadi penghambat untuk Eka dapat menempuh pendidikan tinggi. Ayah Eka bekerja sebagai tukang bubur di daerah Parungbingung, Depok. Sedangkan ibunya mengajar ngaji Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) di kampung. Demikian dilansir situs IPB, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Pada saat masih kecil, Eka sudah ikut sang ayah untuk berjualan bubur yang pada saat itu berjualan di daerah Bantargebang, Bekasi, kemudian pindah ke daerah Cakung, Jakarta Timur, sampai ia berusia lima atau enam tahun.

Eka juga masih teringat pada saat ikut ayahnya berjualan, dus karton atau bangku panjang yang lebarnya kurang dari 50 cm menjadi kasur yang nyaman untuk mereka tidur.

“Sejak kecil saya sudah ikut ayah yang ketika itu berjualan di daerah Bantargebang Bekasi, kemudian pindah ke daerah Cakung, Jakarta Timur sampai saya berusia lima atau enam tahun. Masih teringat jelas," kisahnya.

Semasa di kampus, Eka menceritakan kegemarannya mengamati tumbuhan sehingga tertarik untuk mempelajari keanekaragaman tumbuhan lebih dalam.

“Ketertarikan saya pada bidang keanekaragaman tumbuhan membuat saya memutuskan lanjut kuliah. Setelah lulus sarjana, saya mendapatkan tawaran dari beberapa bank dan perusahaan asuransi tapi alhamdulillah saya dapat beasiswa PMDSU. Bidang yang ditawarkan oleh Prof Tatik juga sesuai dengan apa yang ingin saya pelajari lebih dalam yaitu keanekaragaman tumbuhan,” tambahnya.

 Baca Juga: Ospek IPB Pecahkan Rekor Dunia Kategori Lenticular People Formation

Dalam masa-masa perantauannya, orangtuanya pun tak lupa selalu berpesan agar Eka tidak pernah meninggalkan salat bahkan dalam kondisi sesibuk apapun.

Ayahnya juga selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya walaupun hasil yang didapat dari berjualan bubur itu pas-pasan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini