nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Tewas dalam Baku Tembak di Kashmir Pasca Pencabutan Status Otonomi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 13:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 21 18 2094730 dua-tewas-dalam-baku-tembak-di-kashmir-pasca-pencabutan-status-otonomi-HaHGuX2qL6.jpg Foto: AFP.

SRINAGAR – Pasukan keamanan India menewaskan seorang militan dalam baku tembak di Kashmir pada Rabu. Insiden itu merupakan bentrokan pertama yang terjadi di daerah sengketa tersebut setelah pemerintah federal di New Delhi mencabut status otonomi khusus Kashmir dan menyulut kemarahan penduduknya.

Berdasarkan keterangan polisi yang dilansir Reuters, Rabu (21/8/2019), dua anggota kepolisian terluka dalam baku tembak yang pecah di Baramulla, utara Kashmir itu. Salah satu dari kedua polisi yang terluka meninggal di rumah sakit.

BACA JUGA: Kashmir Bergejolak, Trump Minta India dan Pakistan Turunkan Ketegangan

Kelompok militan yang berseteru dengan pemerintah India di wilayah mayoritas Muslim Kashmir telah bersumpah untuk melanjutkan perjuangan bersenjata mereka setelah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi mencabut pembatasan pembelian properti dan pekerjaan pemerintah dan membukanya bagi orang-orang dari luar Jammu dan Kashmir.

Menyusul pencabutan status khusus itu demonstrasi telah meletus di kota utama Kashmir, Srinagar, sementara Pakistan bersengketa dengan India terkait wilayah Kashmir mengatakan akan membawa perselisihan yang sudah berlangsung selama puluhan tahun itu ke Pengadilan Internasional (ICJ).

BACA JUGA: Pakistan Bawa Kasus Kashmir ke Pengadilan Internasional

Ribuan tentara paramiliter tambahan telah dikerahkan ke Kashmir untuk mengendalikan pemberontakan dan pada Selasa malam. Seorang perwira polisi mengatakan bahwa mereka menggerebek daerah kota tua di Baramulla saat tersangka militan menembakkan sebuah granat, melukai dua polisi.

(dka)

Berita Terkait

india

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini