nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Kuliah Secara Online, Singkirkan 9 Kendala Ini!

Delia Citra, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 15:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 21 65 2094831 sebelum-kuliah-secara-online-singkirkan-9-kendala-ini-7FQikaioVU.jpg Kampus Online (Reuters)

JAKARTA - Saat ini mulai banyak pendidikan yang menggunakan sentuhan teknologi berupa kuliah online atau teleconference. Sistem online tentunya mempermudah mahasiswa untuk mendapat gelar sarjana di tengah kesibukan kerja atau bahkan yang sudah berkeluarga.

Namun, tidak jarang mahasiswa yang salah langkah. Oleh sebab itu, harus ada yang dipersiapkan agar kegiatan kuliah secara online bisa berjalan mulus.

Berikut ini hal-hal yang harus dihindari saat menjadi mahasiswa online, seperti dikutip USNews, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

 Baca juga: Masuki Dunia Kampus, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?


1. Akreditasi sering tidak dilihat

 Akreditasi

Akreditasi dapat memengaruhi kelayakan Anda, serta sikap kompetitif saat mencari kerja. Akreditasi regional memastikan standar kualitas dan memastikan bahwa program atau lembaga memberi siswa keterampilan kerja yang diperlukan

Sebelum Anda mendaftar, periksa terlebih dahulu situs web program untuk kredensial dan verifikasi mereka diakui oleh Dewan Akreditasi Pendidikan Tinggi.

 Baca juga: Dituntut Pelajari Banyak Buku Teori, Ini 10 Cara Menyiasatinya

2. Mengabaikan preferensi belajar Anda

 Prerensi belajar

Pendidikan online membutuhkan disiplin, jadi jika Anda tidak teratur atau cenderung menunda-nunda, lebih baik hal itu dipikirkan dua kali sebelum mendaftar. "Intinya adalah bahwa pembelajaran online tidak kalah ketat atau sulit, dan pada kenyataannya bahwa bekerja lebih efisien dan efektif bagi banyak siswa," kata direktur penelitian di Konsorsium Pembelajaran Online, Lynette O'Keefe.

3. Kurikulum tidak terpantau

 Pendidikan online

Mahasiswa yang sedang meniti karier tertentu pastinya mengambil kelas yang sesuai dengan pekerjaannya. Kurikulum untuk gelar sarjana online dalam ilmu komputer misalnya, harus mencakup pekerjaan teknis dengan sistem operasi dan bahasa pemrograman.

 Baca juga: Kuliah di Luar Negeri? Jangan Lupa 5 Persiapan Penting Ini

Jason Ruckert, wakil rektor dan chief digital learning officer di Embry-Riddle Aeronautical University Florida, mengatakan siswa harus memeriksa situs web sekolah untuk informasi tentang program gelar online, persyaratan gelar, deskripsi kursus, opsi spesialisasi, bidang karir yang mungkin dan bahkan mungkin silabus.

4. Meremehkan kesulitan

Gelar online itu tidaklah mudah. Banyak mahasiswa online yang bekerja penuh atau paruh waktu sambil sering membesarkan keluarga. Menambahkan gelar ke dalam suatu urusan pribadi kadang membutuhkan manajemen waktu dan disiplin yang matang," kata Nancy Cervasio, direktur eksekutif layanan pelajar.

5. Menghadap spesifikasi teknologi

 Mahasiswa Online

"Saya percaya sebagian besar institusi memiliki persyaratan minimum dan persyaratan yang disarankan untuk kursus online mereka, dan calon siswa harus meninjau ini sebelum pendaftaran," kata Ruckert.

Siswa juga harus memahami teknologi yang khas meliputi komputer dengan sistem operasi yang lebih baru dan hard drive minimal 250 gigabyte, internet broadband, kamera web berkualitas, dan headset dengan mikrofon.

6. Tidak meneliti pengajar

 Teliti pengajar online

Keterampilan mengajar yang hebat tidak selalu diterjemahkan secara digital, dan instruktur mungkin perlu mendapatkan beberapa kursus online untuk mengatasi kurva e-learning.

Para ahli merekomendasikan siswa memverifikasi apakah seorang profesor telah mengajar kursus online sebelum mereka mendaftar selama satu semester. Siswa juga harus berusaha untuk terhubung dengan fakultas, baik melalui email, obrolan atau telepon.

7. Curang pada tugas


Curang saat ujian

Hanya karena profesor tidak ada di ruangan itu tidak berarti lebih mudah untuk menipu di pendidikan online. Para ahli sebenarnya berpendapat bahwa lebih sulit untuk menyontek secara online.

“Ini adalah mitos bahwa siswa dapat menipu dengan lebih mudah dalam kursus online. Sebenarnya, menyontek mungkin lebih sulit di ruang kelas online karena banyaknya alat yang dimiliki fakultas untuk mengidentifikasi kasus-kasus ketidakjujuran akademik,” kata Direktur Pengembangan Kursus dan Pelatihan di Oregon State University Ecampus, Karen Watté.

8. Belajar layaknya di dalam gelembung

Siswa mungkin tidak secara fisik duduk di sebelah teman sekelas mereka, itu tidak berarti mereka harus menyelesaikan program gelar mereka sendiri. Mereka juga harus mengharapkan banyak interaksi. O'Keefe mengatakan bahwa berinteraksi dengan siswa lain, instruktur, dan konten kursus adalah elemen penting untuk pengalaman belajar yang sukses.

9. Tidak meminta bantuan


"Mendapatkan gelar online bukanlah pekerjaan mudah, dan menemukan program (yang) menjadikan dukungan siswa sebagai prioritas utama adalah yang terpenting," kata Cervasio.

Siswa juga harus mencari program dengan pelatih sukses dan penasihat akademis. Termasuk berpartisipasi dalam kelompok belajar online dan kegiatan lain untuk pelajar elektronik dan memanfaatkan jam kantor virtual seorang profesor.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini