nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Kesal Amerika Serikat Jual 66 Jet ke Taiwan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 13:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 22 18 2095214 china-kesal-amerika-serikat-jual-66-jet-ke-taiwan-PsKgKLOgrc.jpg Jet F-16 milik Amerika Serikat. Foto/Reuters

WASHINGTON – Amerika Serikat telah menyetujui untuk menjual 66 pesawat tempur F-16 ke Taiwan yang membuat china kesal.

Departemen Luar Negeri AS mengutip Reuters, Kamis (22/8/2019) melaporkan Taiwan akan mendapatkan 66 versi terbaru pesawat tempur Lockheed Martin, F-16C seharga USD8 miliar (Rp114 triliun).

Mike Pompeo, menteri luar negeri AS, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Presiden AS Donald Trump telah mengetahui penjualan jet yang diusulkan Kongres pada minggu lalu.

“Tindakan kami konsisten dengan kebijakan AS sebelumnya. Kami hanya menindaklanjuti komitmen yang telah kami buat untuk semua pihak," kata Pomeo.

Baca juga: China Siap Perang Terkait Taiwan, Militer AS Kirim Kapal

Baca juga: China Siap Perang jika Taiwan Ingin Merdeka

Rencana Taiwan untuk meningkatkan pertahanan udaranya terjadi di tengah meningkatnya serangan militer China ke wilayah udaranya.

Foto/Reuters

China menganggap Taiwan sebagai bagian wilayahnya, tetapi negara pulau itu memiliki pemerintahan sendiri dan merupakan sekutu dekat Amerika Serikat.

Dalam sebuah pernyataan, Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan, yang mengawasi penjualan militer asing AS, mengatakan pembelian F-16 di Taiwan tidak akan mengubah kekuatan militer dasar di wilayah tersebut.

Pada Senin (19/8), juru bicara kementerian luar negeri China, Geng Shuang, menilai penjualan senjata AS ke Taiwan sangat melanggar perjanjian antara Washington dan Beijing dan "Merupakan gangguan dalam urusan dalam negeri China."

Ia menekankan Amerika Serikat harus segera membatalkan penjualan senjata yang direncanakan, dan berhenti menjual senjata dan dengan Taiwan. "Kalau tidak, AS harus menanggung semua konsekuensinya."

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan penjualan itu akan membantu negaranya membangun angkatan udara baru dan meningkatkan kapasitas pertahanan udaranya. Dalam sebuah posting di Facebook, Tsai mengatakan dia berterima kasih atas dukungan Washington untuk pertahanan nasional Taiwan.

Taiwan sudah memiliki armada F-16 model lama yang dibeli pada tahun 1992, yang telah mengalami beberapa peningkatan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini