nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stres Skripsi Bolak-balik Direvisi? Coba Lakukan 3 Hal Ini

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 08:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 22 65 2095094 stres-skripsi-bolak-balik-direvisi-coba-lakukan-3-hal-ini-XehvlnmDD5.jpg Ilustrasi Skripsi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Saat mahasiswa memasuki tahun terakhir masa kuliahnya, harus menghadapi skripsi. Tak bisa dipungkiri rasa stres, bingung, takut, deg-degan itu pasti muncul.

Stres dalam menghadapi skripsi merupakan suatu hal yang biasa dialami oleh para mahasiswa. Menyelesaikan skripsi membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Baca Juga: Ciri Kecanduan Gadget, Nomor 3 Bikin Nilai Jeblok

Tentunya hal tersebut menguras pikiran kamu dan dapat menyebabkan stres. Apalagi kalau skripsi yang kamu buat selalu mendapatkan revisi dari dosen pembimbing.

Agar tidak mempengaruhi hasil skripsi, stres perlu kamu kelola. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres.

Skripsi

Menurut Vera I Hadiwidjojo Psikologi Anak dan Remaja salah satu cara agar kita terhindar dari stres pada saat skripsi adalah olahraga.

“Enggak usah repot mikirin cara-cara apapun, karena olahraga dapat menguatkan hormon-hormon antistres,” ujarnya kepada Okezone.

Baca Juga: Resah Tak Kunjung Dapat Kerja, 8 Nasihat Ini Bikin Adem

Selain berolahraga, ada juga beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa stres. Berikut tipsnya lainnya:

1. Beribadah

Beribadah merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres. Dengan kita beribadah dan dekat dengan yang Maha Kuasa, akan membuat diri menjadi tenang. Pada akhirnya dapat mengurangi stres yang kamu alami saat skripsi.

2. Mintalah restu orangtua

Mintalah restu orangtua jika kamu ingin terhindar dari rasa stres tersebut. Biasanya, suara dan nasihat dari orangtua akan membuat hati tenang dan juga mengembalikan semangat yang sedang hilang.

Meme skripsi

3. Hindari Hal-Hal Penambah Stres

Tentunya hal ini harus kita lakukan pada saat skripsi tiba. Kita harus bisa mengendalikan diri kita, pikiran kita dari hal-hal lainnya yang bisa membuat stres itu datang. Karena jika kamu bisa kendalikan diri sendiri dan ketika kamu sudah rileks hal itu tentunya dapat mengurangi beban kamu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini