nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rektor UNS: KKN Ajari Mahasiswa di Kehidupan Nyata

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 14:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 65 2095247 rektor-uns-kkn-ajari-mahasiswa-di-kehidupan-nyata-2cKAZpTmlJ.jpg Foto: Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa UNS

SOLO - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Jamal Wiwoho secara resmi menarik peserta kuliah kerja nyata (KKN) tematik integratif di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Ada sekitar 178 orang mahasiswa peserta KKN tematik integratif yang ditempatkan di 12 desa di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Parang dan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan.

Baca Juga: Mahasiswa UNS KKN di Papua, Rektor Nyatakan Kondisinya Aman

Disampaikan Jamal, kegiatan KKN mahasiswa di luar kampus sebagai ajang untuk menimba ilmu yang secara teori didapatkan di dalam kampus. Di sini mahasiswa langsung belajar, mendapatkan ilmu baru langsung dari masyarakat yang beragam latar belakangnya.

UNS

"(KKN) Dalam kehidupan nyata ini adalah laboratorium kehidupan nyata. Kalau (di dalam) kampus itu laboratorium keilmuan," tandasnya.

Baca Juga: Kerusuhan di Papua Barat Dipicu Video Provokasi di Medsos

Sebelum terjun ke masyarakat, mahasiswa sudah dibekali oleh tim pendamping, dosen pendamping. Bahkan pihak kampus sebelum menerjunkan mahasiswa ke lapangan juga melakukan studi kelayakan. Daerah mana kemudian apa yang harus diberikan untuk daerah yang dituju.

"Mahasiswa akan diterjunkan dengan dibekali sesuai dengan kemampuan dan sesuai keadaan daerah yang akan dituju. KKN Tematik ini didesain tidak sama setiap daerah, sesuai dengan kebutuhan di daerah tersebut. Tentu kita survei dulu, agar nantinya tepat guna, tepat sasaran," tandasnya.

UNS dalam periode XI ini jumlah peserta KKN yang diterjunkan adalah 3331 mahasiswa dan 159 dosen pembimbing lapangan tersebar dalam 20 Kabupaten di Jawa Tengah, 9 Kabupaten di Jawa Timur, 4 kabupaten di Jawa Barat, 2 Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta dan 20 Kabupaten di Luar Pulau Jawa.

Rencana ke depannya program untuk pengembangan institusi UNS melalui KKN, diagendakan kegiatan Workshop Evaluasi, Penguatan dan Penjaringan Tema KKN yang nanti akan mengundang PEMDA seluruh lokasi KKN baik berbasis lokasi maupun kemitraan. Rencananya digelar di bulan Oktober 2019.

"Selain itu juga akan mengundang pihak mitra yang selama ini pernah berkontribusi dalam penyelenggaraan program mahasiswa KKN di lokasi," pungkas Jamal.

1
2

Berita Terkait

UNS

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini