nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyulap Polusi Udara Jadi Gas Ramah Lingkungan, 3 Mahasiswa Ini Jagonya

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 19:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 22 65 2095275 menyulap-polusi-udara-jadi-gas-ramah-lingkungan-3-mahasiswa-ini-jagonya-gNlgdi7uNa.jpeg Mahasiswa ITS Ubah Polusi Udara Jadi Gas (Foto: Dok. ITS)

JAKARTA- Kendaraan bermotor menjadi salah satu sumber polusi udara yang signifikan. Apalagi dengan kondisi lingkungan saat ini, yang kurang hijau dan kurang adanya tanaman semakin membuat kualitas udara menjadi tidak sehat.

Baca Juga: Mahasiswa Baru, Diingatkan Tak Hanya Ikut Arus Tapi Punya Tujuan

Tiga mahasiwa Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Alvin Rahmad Widyanto, Vina Rizky Andina, dan Hafildatur Rosyidah membuat polusi udara kendaraan tersebut menjadi gas yang aman dan layak buang.

Polusi Udara

Di bawah bimbingan dosen Ir Endang Purwanti Setyaningsih MT, polusi udara yang dimaksud merupakan jenis-jenis gas beracun yang dapat mengakibatkan gangguan atau penyakit pernapasan, seperti gas karbonmonoksida, nitrogenoksida, dan hidrokarbon.

Baca Juga: Atasi Limbah Zat Warna, 5 Sekawan ITS Sabet Medali Emas Olimpiade IImiah

“Hal ini perlu ditangani lebih lanjut karena aktivitas manusia yang tak bisa luput dari kendaraan, dan jika dibiarkan akan makin memperburuk kesehatan lingkungan,” tutur Alvin yang dipercaya sebagai ketua tim dilansir dari akun resmi ITS, Kamis (22/8/19).

Untuk mengatasi masalah tersebut, ia dan timnya berinovasi untuk menciptakan katalitik konverter berupa reaktor atau tabung kecil yang berisikan lempengan kawat tembaga dan senyawa kimia padatan berupa katalis MnO2/Zeolit-Y Hierarki.

Adanya tembaga dan katalis tersebut berguna mereduksi atau mengubah gas karbonmonoksida, nitrogenoksida, dan hidrokarbon tersebut menjadi gas karbondioksida, nitrogen, uap air, dan ion sulfat.

Gas hasil konverter tersebut sudah diteliti sangat aman dan bermanfaat bagi lingkungan. Kelebihan katalitik konverter ini mampu digunakan dalam satu tahun dengan masa satu kali penggantian bahan. Selain itu, bahan katalis yang digunakan berharga ekonomis dan mudah didapatkan di pasar bahan kimia pada umumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini