nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rusia Bersiap Luncurkan Reaktor Nuklir Apung

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 14:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 18 2095685 rusia-bersiap-luncurkan-reaktor-nuklir-apung-Mnz300lOHT.jpg Reaktor nuklir apung Rusia, Akademik Lomonosov. Foto/Reuters

MOSKOW - Rusia akan meluncurkan reaktor nuklir terapung pertama di dunia dan mengirimkannya untuk melintasi Kutub Utara pada Jumat, yang dikecam oleh para pencinta lingkungan karena berrisiko bagi kawasan tersebut.

Mengutip AFP, Jumat (23/8/2019) Akademik Lomonosov yang penuh dengan bahan bakar nuklir, akan meninggalkan pelabuhan Kutub Utara Murmansk lalu memulai pelayaran 5.000 kilometer ke timur laut Siberia.

Badan nuklir Rusia Rosatom mengatakan reaktor apung adalah alternatif yang lebih sederhana untuk membangun pabrik konvensional di wilayah yang penuh dengan es sepanjang tahun, dan bermaksud untuk menjual reaktor semacam itu di luar negeri.

Baca juga: Ledakan Roket Rusia Sebabkan Tingkat Radiasi Meningkat 16 Kali di Atas Normal

Baca juga: AS Yakin Ledakan di Rusia Terkait Program Rudal

Namun kelompok-kelompok lingkungan telah lama memperingatkan bahaya dari proyek tersebut, dan menyebutnya sebagai "Chernobyl on ice" dan "Titanic nuklir".

Sebuah ledakan mematikan bulan ini di sebuah situs pengujian militer di ujung utara Rusia, menyebabkan gelombang radioaktif, telah memicu kekhawatiran lebih lanjut.

Perjalanan reaktor diperkirakan akan berlangsung antara empat hingga enam minggu, tergantung pada kondisi cuaca dan es.

Akademik Lomonosov yang berukuran tinggi 144 meter pertama kali dirakit di Saint Petersburg pada 2006.

Ketika tiba di Pevek, sebuah kota berpenduduk 5.000 di wilayah Siberia Chukotka, Lomonosov akan menggantikan pembangkit nuklir lokal dan pabrik batubara.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini