nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tentara Israel Tak Sengaja Tembaki Pesawat Warga Sipil di Golan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 20:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 23 18 2095832 tentara-israel-tak-sengaja-tembaki-pesawat-warga-sipil-di-golan-q63jq1bRXc.jpg Foto: Facebook/Israel Defense Forces.

TEL AVIV - Tentara Israel menembaki sebuah pesawat kecil penyiram pupuk setelah salah mengira pesawat itu sebagai pesawat musuh yang memasuki wilayah udaranya di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Munculnya sebuah pesawat penyiram pupuk kecil di atas langit biru yang cerah di Golan itu memicu respons langsung oleh pasukan terjun payung IDF yang dengan cepat melepaskan tembakan ke arah ‘penyusup’ itu. Mereka mengira pesawat itu adalah pesawat Suriah yang telah menginvasi Israel.

Berhenti di tengah jalan, tiga tentara mulai mengosongkan magasin senjata mereka ke arah pesawat yang mendekat dan terlihat terbang di atas ladang. Kejadian itu terekam dalam sebuah video.

RT, Jumat (23/8/2019) melaporkan pesawat itu terkena beberapa peluru sebelum para tentara menyadari bahwa mereka telah menembaki sesama orang Israel. Pilot itu, yang dirinya mengira sedang ditembaki dari sisi perbatasan Suriah, berhasil mendaratkan pesawat di lapangan terbang Mahanaim dekat Rosh Pina.

Pernyataan dari IDF mengatakan bahwa tidak ada yang terluka dalam insiden itu. Mereka mencatat bahwa itu adalah prosedur militer standar untuk mengidentifikasi dan menyerang "pesawat infiltrasi" yang begitu dekat dengan perbatasan Suriah.

“Ini adalah insiden serius yang sedang diselidiki. Pelajaran akan dipelajari,” demikian kata pernyataan itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini