nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengadilan Negeri Medan Krisis Personel Hakim

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 23 608 2095614 pengadilan-negeri-medan-krisis-personel-hakim-au0OM3OT1y.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

MEDAN - Pengadilan Negeri (PN) Medan kini memiliki jumlah personel hakim sebanyak 30 orang. Jumlah itu sangat tidak sebanding dengan jumlah perkara yang disidangkan setiap harinya, yang mencapai lebih dari 150 perkara.

“Akibat kondisi itu, tak jarang hakim harus menangani 10 hingga 30 perkara perharinya,” kata Humas PN Medan, Jamaluddin kepada wartawan, Jumat (23/8/2019).

Kondisi krisis personel hakim ini, kata Jamaluddin, nyata-nyata telah menguras energi para hakim. Padahal mereka dituntut untuk selalu professional dan fokus menjalani persidangan.

“Tapi bagi hakim, ini kan tugas negara yang harus dijalankan secara sungguh-sungguh. Jadi ya harus dijalani meski sangat menguras energi,” sambungnya.

 Palu Hakim

Idealnya, kata Jamaluddin, setidaknya ada 40 hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Medan, agar semua perkara dapat disidangkan secara maksimal.

“Saya pikir itu idealnya. Tapi ya kita kembalikan kepada Mahkamah Agung,” harapnya.

Jamaluddin melanjutkan, akibat minimnya personel hakim di PN Medan saat ini, semua hakim harus masuk ke seluruh perkara yang disidangkan. Tidak ada spesifikasi khusus untuk hakim-hakim tertentu.

“Semua kita masuki, baik perkara niaga, perkara tindak pidana korupsi, pidana umum maupun pidana khusus. Tidak ada hakim dengan spesialisasi khusus. Kecuali Ketua Pengadilan. Beliau hanya menangani perkara-perkara besar yang melibatkan tokoh-tokoh besar,” pungkasnya.

(wal)

Berita Terkait

Medan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini