nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Racun Ikan Lionfish Ternyata Bisa Membunuh Sel Kanker Serviks

Delia Citra, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 08:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 23 65 2095792 racun-ikan-lionfish-ternyata-bisa-membunuh-sel-kanker-serviks-R6oJIM7Jcs.jpg UI (Dok UI)

JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia berhasil menemukan obat Anti Kanker Serviks. Obat tersebut berasal dari racun duri ikan Lionfish sebagai alternatif obat dari bahan alam untuk sediaan anti kanker serviks.

Mahasiwa tersebut adalah Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Bioproses Fakultas Teknik UI. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut dilatarbelakangi oleh meningkatnya kasus kematian yang disebabkan oleh kanker serviks di Indonesia dilansir dari website resmi UI, Minggu (25/8/2019).

 Baca juga: Harumkan Nama Indonesia, Mahasiswa UI Bawa 2 Piala di Ajang Internasional


lionfish

Penggunaan lionfish di sini merupakan upaya untuk ikut serta menjaga ekosistem laut, karena ikan tersebut merupakan salah satu ikan yang merugikan nelayan. “Melalui uji laboratorium, hasil menunjukkan bahwa racun Lionfish berhasil membunuh sel kanker.” ujar Mustika.

Dipilihnya ikan lionfish sebagai bahan alternatif dikarenakan racun duri lionfish mengandung peptida yang memiliki aktivitas antiproliferatif terhadap sel kanker dengan mekanisme induksi apoptosis, yaitu proses penghambatan proliferasi sel kanker secara selektif.

 Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Simak UI, yang Lulus Hanya 7,4% Peserta

Untuk mendapatkan protein yang memiliki sifat apoptosis terhadap sel kanker serviks, tiga mahasiswa tersebut mengkestraksi racun duri Lionfish yang kemudian dimurnikan dengan presipitasi ammonium sulfat dengan proses pemanasan. Ekstrak racun dari duri lionfish yang telah diperoleh kemudian diujikan secara in vitro terhadap sel kanker.

“Hasil yang diperoleh dari pengujian in vitro terlihat adanya efek inhibisi terhadap sel kanker serviks. Efek inhibisi ini menunjukkan pengujian berhasil membunuh sel kanker yang ada,” terang Mustika.

Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar menjadi salah satu solusi alternatif pengobatan kanker serviks berbahan alam. Tujuannya agar dapat mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini