nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Ungkap Manfaat Bonggol Pisang, Ternyata Bisa Cegah Kanker Payudara

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 19:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 26 65 2096895 mahasiswa-ungkap-manfaat-bonggol-pisang-ternyata-bisa-cegah-kanker-payudara-1igoWnt7UH.jpg Mahasiswa UGM Temuka Bongol Pisang untuk Cegah Kanker Payudara (Foto: UGM)

JAKARTA - Pisang bukan hal yang asing di telinga kita. Buah berbentuk panjang dan berwarna kuning ketika sudah matang ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya buahnya, bonggol pisang pun terbukti berpotensi untuk mencegah penyebaran penyakit kanker payudara.

Baca Juga: DC Mouse, Hardware Khusus bagi Penyandang Tunadaksa untuk Akses Internet

Tiga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Ida Nur Aini, Ahmad Syauqy Tafrihani, dan Dhuriyatun Khasanah berhasil mengungkap potensi yang dimiliki bonggol pisang sebagai agen antimetastasis kanker payudara melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE).

"Bonggol pisang ini jarang dimanfaatkan, padahal di dalamnya mengandung senyawa flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan," ujar Aida dilansir dari akun resmi UGM, Senin (26/8/2019).

Melalui penelitian yang telah dilakukan sebelumnya didapatkan Ekstrak Bonggol pisang (EBP) yang selanjutnya dikuantifikasi kandungan kuersetin yang ada dalam EBP tersebut menggunakan metode kolorimetri AlCl3. Selanjutnya, dilakukan uji in vitro terhadap EBP serta uji efek penghambatan ekstrak terhadap pertumbuhan sel kanker dengan emtode uji MTT Assay. Setelah itu, barulah didapatkan ekstrak bonggol pisang yang tidak bersifat toksik.

Baca Juga: Wapres JK: Semakin Sederhana, Pancasila Bisa Dihayati

Berdasarkan penelitian tersebut, Ida mengatakan bahwa ekstrak bonggol pisang memiliki potensi untuk menghambat penyebaran kanker. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat mengolah ekstrak bonggol pisang menjadi bentuk suplemen maupun food powder agar mudah dikonsumsi oleh masyarakat.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini