nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Memilih Program Studi bagi Para Calon Mahasiswa Baru

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 08:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 27 65 2097049 tips-memilih-program-studi-bagi-para-calon-mahasiswa-baru-cxzCVVqJJs.jpg Tips Memilih Program Studi bagi Para Calon Mahasiswa Baru (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menjelang tahun ajaran baru di dunia pendidikan tinggi, para siswa dan orangtua harus tahu jurusan apa yang nantinya akan dipilih. Hal ini sangat penting karena jadi landasan awal, akan berkarier sebagai apa mahasiswa ini setelah lulus.

Pada Airlangga Education Expo (AEE) ada materi yang menarik di hari kedua soal paparan mengenai tips memilih program studi.

 Baca Juga: Unair Sediakan 1.600 Kuota Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Wakil Dekan III Fakultas Psikologi Unair Dewi Retno Suminar memberikan tips memilih jurusan sesuai minat dan bakat untuk seluruh peserta. Hal tersebut untuk menjawab kegalauan peserta dalam menentukan jurusan.

Untuk memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, setidaknya ada tiga langkah yang perlu calon mahasiswa baru perhatikan seperti dikutip Okezone, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

 Baca Juga: 3 Mahasiswa Unair Buat Media Pembelajaran Khusus bagi Murid Tunagrahita

1. Bermimpi

Sebelum menentukan program studi, sebaiknya kamu bermimpi terlebih dahulu. Kamu harus bisa membayangkan ke depannya akan menjadi apa sehingga kamu sudah tahu apa yang harus dipersiapkan sejak dini. Selain itu, kamu juga perlu merancang cara menggapai mimpi tersebut.

"Jangan takut bermimpi!" teriak Dewi dengan semangat.

 Tips Kuliah

2. Kenali kekuatan diri sendiri

Kamu perlu mengetahui kekuatan yang ada di dalam diri kamu. Dewi menyampaikan beberapa cara untuk mengenali diri, salah satunya adalah dengan melihat nilai pelajaran yang bagus. Karena dengan begitu, kamu jadi tahu kalau kamu menikmati pelajaran tersebut dan berhasil di bidang tertentu.

Selain itu, kamu juga perlu mencari bakat terpendam lainnya seperti daya ingat dan ketekunan. "Selain nilai pelajaran, kalian juga bisa mengetahui minat dan bakat kalian dengan mengikuti tes minat dan bakat," saran Dewi.

3. Fokus pada minat diri

Jangan biarkan diri kamu terjerumus ke dalam bidang yang tidak kamu minati. Karena jika ia terjun di bidang yang tidak ia minati, maka ia tidak akan mengeluarkan potensi terbaiknya. Sedangkan jika kamu memilih program studi yang tepat, maka kemungkinan besar kamu akan menikmatinya.

"Jangan ikutan teman-teman," pesan sekaligus tutup Wadek 3 Fakultas Psikologi Unair ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini