nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Tolak Kunjungan Kapal Perang AS ke Pelabuhan Qingdao

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 14:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 28 18 2097674 china-tolak-kunjungan-kapal-perang-as-ke-pelabuhan-qingdao-Ej2S8tJ8x9.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON – China telah menolak permintaan kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) untuk mengunjungi kota pelabuhan Qingdao dalam beberapa hari mendatang. Penolakan itu dikonfirmasi pejabat pertahanan AS pada Selasa, di tengah tegangnya hubungan kedua negara ekonomi dunia itu.

Ini merupakan kedua kalinya China menolak permintaan AS bulan ini. Sebelumnya Beijing telah menolak permintaan dua kapal Angkatan Laut AS untuk mengunjungi Hong Kong, ketika krisis politik tengah bergolak di wilayah bekas jajahan Inggris itu.

BACA JUGA: China Tolak Kunjungan Kapal Angkatan Laut AS ke Hong Kong

Menurut keterangan pejabat pertahanan kepada Reuters, kapal perang militer AS kadang-kadang melakukan kunjungan ke China, yang terbaru pada 2017. Kapal Angkatan Laut AS terakhir yang mengunjungi Qingdao adalah kapal perusak Benfold pada 2016.

Ditanya mengapa permintaan itu ditolak, pejabat pertahanan AS mengatakan pertanyaan tersebut seharusnya diarahkan ke Beijing. Namun, Kementerian Pertahanan China belum memberikan komentarnya.

BACA JUGA: China Sebut Aksi Pedemo di Bandara Hong Kong seperti Teroris

China dan AS tengah terlibat dalam perang dagang yang telah memberikan dampak terhadap perekonomian dunia.

Awal bulan ini, China menolak permintaan kapal transportasi dermaga Angkatan Laut AS, USS Green Bay dan kapal penjelajah berpeluru kendali USS Lake Erie, untuk mengunjungi Hong Kong. Kunjungan itu akan terjadi di saat demonstrasi anti-pemerintah bergolak di Hong Kong dan menjadi tantangan terbesar bagi Beijing di wilayah otonomi khususnya itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini