nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Doktor Muda Ini Ungkap Manfaat Keramik Zirkon sebagai Bahan Industri dengan Harga Murah

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Senin 02 September 2019 15:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 02 65 2099659 doktor-muda-ini-ungkap-manfaat-keramik-zirkon-sebagai-bahan-industri-dengan-harga-murah-OaiI9ywStf.jpg Musyarifah Usai Sidang Promosi Doktor ITS. (Foto: Okezone.com/ITS)

JAKARTA - Doktor muda program Pendidikan Magister Doktor Sarjana Unggul (PMDSU) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Musyarofah berhasil mengoptimalkan manfaat sari keramik zirkon sebagai bahan untuk industri dan struktural.

Baca Juga: Ada ICS, Mahasiswa ITS Diimbau Bangun Pagi

Ide ini muncul lantaran di tempat tinggalnya di di Kalimantan, sering ditemukan sisa pasir bekas tambang emas yang cukup merusak alam. Setelah diteliti ternyata mengandung kadar zirkon yang cukup tinggi.

Doktor Muda ITS

Ibu dengan satu orang anak ini meyakini bahwa pengolahan pasir zirkon bisa menjadi material yang lebih fungsional. Dalam hal ini, Musyarofah berusaha memanfaatkan pasir zirkon alam yang merupakan produk buangan dari penambangan emas.

Baca Juga: Menyulap Polusi Udara Jadi Gas Ramah Lingkungan, 3 Mahasiswa Ini Jagonya

"Kalaupun dijual, zirkon lebih sering digunakan sebagai bahan bangunan dengan harga Rp5.000 per kilonya. jika zirkon dimurnikan akan memberikan nilai fungsional," ujarnya yang dikutip dari website resmi ITS, Senin (2/9/2019).

Musyarofah juga menjelaskan bahwa masyarakat yang memanfaatkan produk sisaan tambang ini, mampu meningkatkan aktivitas masyarakat sekitar di sektor industri karena bahan bangunan seperti keramik akan memiliki masa jenis lebih tinggi dan menjadi isolator yang lebih baik.

Hal unik dari penelitian yang dilakukan oleh wanita berusia 28 tahun ini adalah ketika sia melakukan penelitiannya, ia menggunakan bahan-bahan alam.

Selain itu, kebanyakan orang jika membuat keramik memerlukan suhu yang sangat tinggi, yakni di atas 1400 derajat celcius, Musyarofah hanya memerlukan suhu 1250 derajat celcius dalam pembuatan keramik ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini