nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tantangan Perguruan Tinggi di Era Disrupsi, Hasilkan Lulusan Berdaya Saing Global

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 02 September 2019 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 02 65 2099670 tantangan-perguruan-tinggi-di-era-disrupsi-hasilkan-lulusan-berdaya-saing-global-Nsq35oaCq5.jpg Tantangan Perguruan Tinggi di Era Disrupsi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Saat ini dunia semakin dekat dengan masa di mana perubahan berlangsung sangat cepat dalam berbagai sektor. Perubahan yang cukup luas cakupannya ini kerap dikenal sebagai era disrupsi.

Fenomena disrupsi disebabkan oleh digitalisasi yang dengan mudah kita temui. Masyarakat dianjurkan untuk melek teknologi agar bisa menerima semua pembaruan-pembaruan yang terjadi. Begitu pula pada sektor pendidikan, baik peserta didik dan pengajar dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dan bersiap mengadapi era disrupsi.

 Baca Juga: Wisuda 287 Mahasiswa, Rektor UAI: Hadapi Era Disrupsi Lulusan Harus Kreatif

Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis mengatakan, di era disrupsi ini perguruan tinggi harus bertransformasi secara inovatif, sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

"Sebagai lulusan dari PTN terbaik di Indonesia, diharapkan kalian dapat menjadi SDM yang adaptif, tangguh, berintegritas, kompeten, memiliki pandangan maju ke depan, serta memiliki karakter yang santun, berbudi luhur serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan domestik maupun global,” kata Anis seperti dilansir situs resmi Universitas Indonesia, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Sementara itu, UI melakukan wisuda dengan jumlah total lulusan sebanyak 8.005 orang dengan 2.650 wisudawan di antaranya berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Wisuda ini merupakan upacara wisuda terakhir yang akan dipimpin oleh Muhammad Anis selaku Rektor UI.

 Baca Juga: Kalahkan Bambang Brodjonegoro, Andre Rahadian Jadi Ketua Iluni UI 2019-2022

Dalam sambutannya, Anis juga menjelaskan bahwa UI memanfaatkan teknologi untuk mengintensifkan penggunaan e-learning dalam metode pembelajarannya sebagai upaya pemerataan pendidikan hingga pelosok negeri.

Dengan demikian, perkuliahan yang ada di UI tidak saja dinikmati oleh mahasiswa UI sendiri, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas di Indonesia.

 UI

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini