nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kritik Trotoar Bolong, Video "Pendaratan Bulan" India Jadi Viral

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 13:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 03 18 2100059 kritik-trotoar-bolong-video-pendaratan-bulan-india-jadi-viral-MBiwS4GOBE.jpg Foto: Facebook/Baadal Nanjundaswamy.

NEW DELHI – Di saat badan antariksa India bersiap untuk melakukan pendaratan yang bersejarah di bulan, banyak warganya dibuat tertawa setelah sebuah video, yang tampak seperti menampilkan perjalanan di bulan, menjadi viral.

Hanya beberapa hari sebelum misi bulan India Chandrayaan-2 mendarat di kutub selatan Bulan pada tanggal 7 September, seniman jalanan terkenal terkenal, Baadal Nanjundaswamy menjadi perhatian dan berita utama dengan sebuah kritik tajam terhadap dewan kota di Bengaluru.

Nanjundaswamy meminta bantuan aktor teater dan bintang film, Poornachandra Mysore, yang membantu menggelar 'moonwalk' dengan guyonan untuk menyoroti trotoar-trotoar yang rusak dan mengganggu jalan-jalan di kota itu.

Pada Sabtu, sekira pukul 10 malam waktu setempat, Mysore mengenakan baju ruang angkasa berwarna perak yang dirancang oleh seorang perancang kostum lokal dan memulai pendakiannya melintasi trotoar berlubang yang tampak seperti 'permukaan bulan'.

“Semuanya direkam di kamera ponsel, tidak ada lampu tambahan yang digunakan. Jadi tentu saja, saya tidak menyangka hasilnya akan menjadi seperti itu," kata Nanjundaswamy sebagaimana dilansir RT, Selasa (3/9/2019). Dia menambahkan bahwa biayanya perekaman video itu hanya sekira Rs8.000 (sekira Rp1,5 juta).

Seniman jalanan itu kebanjiran pesan-pesan pujian dari warganet yang berterima kasih dan memberi selamat kepadanya atas "cara yang indah ... unik untuk mengekspresikan protes mereka," dan "kreativitas tim itu untuk mengekspos lubang-lubang di trotoar dengan cara yang sangat unik."

“Awalnya saya pikir ISRO mengirim seorang pria ke bulan. Tidak... Ini adalah Bengaluru Road kita. Terima kasih untuk BBMP dan Kontraktor,” tulis seorang warganet merujuk pada badan pekerjaan umum Bengaluru. ISRO adalah organisasi penelitian luar angkasa India.

Nanjundaswamy terkenal karena aksi-aksi serupa yang bertujuan menekan politisi lokal untuk berbuat lebih banyak untuk meningkatkan konstituensi mereka.

Foto: Baadal Nanjundaswamy/Facebook.

Pada 2015, ia meletakkan buaya berukuran aslinya di lubang sepanjang 4 meter di utara Bangalore, memaksa para pejabat akhirnya memperbaiki lubang yang menganga itu. Sedangkan pada 2017, ia mengubah lubang pinggir jalan menjadi adegan fantasi, lengkap dengan putri duyung yang menakjubkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini