nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Sulit Tidur Ternyata karena Mutasi Gen, Apa Itu?

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 06:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 03 65 2100071 penyebab-sulit-tidur-ternyata-karena-mutasi-gen-apa-itu-4v4d1wWsLT.jpg Penyebab Sulit Tidur (Foto: Homebt)

JAKARTA - Apakah kamu termasuk orang yang sulit tidur cepat? atau bahkan kamu dapat tidur seharian? Rata-rata orang dewasa memiliki waktu tidur normal 7-8 jam, jika kamu tidur kurang dari jangka waktu tersebut atau bahkan lebih, mungkin kamu memiliki mutasi genetik langka yang diturunkan oleh keluargamu.

 Baca Juga: Sulit Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Solusi Terbaik

Pada tahun 2009, para peneliti menemukan seorang ibu dan anak perempuannya dengan mutasi gen yang disebut DEC2, mereka dapat istirahat setelah 6 jam tidur, hal itu dinilai tidak normal untuk tidur orang dewasa.

"Sekarang kita menemukan penelitian baru bahwa terdapat keluarga yang dapat tertidur hanya 1 jam per malam, yang kami memperkirakan bahwa terdapat empat dari 100.000 orang yang memiliki mutasi gen yang langka," dilansir dari Sciencemag, Kamis (5/8/2019).

 Baca Juga: Sulit Tidur? Coba Pakai Trik Rahasia dari Para Tentara Amerika Ini

Sebuah studi mengungkapkan fakta bahwa orang yang bergadang dan sulit untuk tidur paling tidak 6 jam per hari, hal itu disebabkan mutasi dalam gen jam tubuh yang disebut ADRB1. Mutasi itu membuat neuron-neuron yang terdapat di batang otak yang membuat tubuh kita jadi lebih aktif, dan alasan yang menyebabkan manusia jadi sulit tertidur dengan pulas.

Maka dari itu, para peneliti berharap suatu saat nanti akan ada penelitian di masa depan yang menciptakan kembali efek dari mutasi berupa obat-obatan untuk mereka yang yang memiliki gangguan tidur agar mereka dapat tidur normal kembali.

 Sulit Tidur

(rhs)

Berita Terkait

Serba-serbi kampus

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini