nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Kamar Kost dengan Teman Kuliah, 4 Hal yang Perlu Diantisipasi

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Minggu 08 September 2019 08:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 03 65 2100085 satu-kamar-kost-dengan-teman-kuliah-4-hal-yang-perlu-diantisipasi-SFK04nNzts.jpg Komunikasi Lebih Dulu Sebelum Tinggal Bersama. (Foto: Okezone.com/Huffingtonpost)

JAKARTA - Menjalin pertemanan dengan seseorang dalam waktu lama, membuat kamu memiliki keterikatan yang dalam. Tak jarang, seseorang bepikir untuk tinggal bersama sahabat, apalagi ketika mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan bersama sahabat menjadi hal menarik. Hanya saja, perlu kalian tahu bahwa banyak yang dipertimbangkan untuk tinggal bersama sebenarnya.

Baca Juga: Stres Skripsi Bolak-balik Direvisi? Coba Lakukan 3 Hal Ini

Berikut beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangkan sebelum memutuskan untuk tinggal dengan sahabat, seperti dilansir Her Campus, Jakarta, Minggu (8/9/2019).

1. Wajib ada Aturan dan Batasan

Ketika kamu tinggal bersama sahabat, beberapa hal mungkin mulai berubah. Kamu harus mulai menentukan dan mengatur beberapa hal bersama sahabatmu. Hal itu dapat dilakukan dengan mengobrol bersama dan mulai menentukan peraturan, ketentuan, hingga batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Kuliah

Selain itu, perlu diatur juga soal menggunakan barang-barang pribadi satu sama lain. Dengan tinggal bersama sahabat, seharusnya dapat lebih memahami apa artinya hidup dengan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk melakukan diskusi ini di awal agar semuanya berjalan sesuai dengan kemauan.

Baca Juga: Ciri Kecanduan Gadget, Nomor 3 Bikin Nilai Jeblok

2. Pertengkaran Bisa Saja Terjadi

Selama tinggal bersama, pertengkaran pasti akan terjadi dan tidak bisa selalu dihindari. Seperti poin sebelumnya, itulah mengapa berdiskusi mengenai beberapa hal dan membuat perjanjian itu penting agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

Pertemanan didasarkan pada rasa saling menghormati dan percaya, jadi masalah apapun yang ada kemungkinan besar terjadi karena salah paham. Kamu mungkin dapat pulang ke rumah sementara untuk meredakan situasi, tetapi tetap diperlukan upaya untuk memperbaikinya.

3. Ciptakan Ruang Sendiri

Kuliah

Kamu mungkin merasa senang memiliki tempat tinggalmu sendiri dalam beberapa waktu ke depan. Tetapi, ingatlah untuk membagi ruang bersama sahabat. Terdapat beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan bersama dan beberapa barang yang dapat digunakan bersama. Meski begitu, sisakan cukup waktu untuk dirimu sendiri, begitu pula degan sahabatmu. Tidak semua hal harus dilakukan bersama, tidak semua cerita harus dibagi bersama. Selain itu, ada kalanya dalam situasi pertengkaran dapat diatasi dengan memberikan waktu sendiri untuk bernafas dan berpikir sejenak.

4. Jalin Pertemanan dengan yang Lainnya

Meskipun kamu berhubungan baik dengan sahabatmu, jangan jadikan hal itu sebagai penghalang untuk berteman dengan orang lain. Sahabatmu mungkin adalah teman sekamar yang baik, tetapi membangun jaringan dengan lingkungan sekitarmu tetaplah penting. Dengan begitu, kamu tidak bergantung pada sahabatmu dan dapat meminimalisir intensitas terjadinya konflik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini