nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurang Percaya Diri di Kampus? Simak 7 Cara Mengatasinya

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Selasa 03 September 2019 15:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 03 65 2100121 kurang-percaya-diri-di-kampus-simak-7-cara-mengatasinya-xWQSJNlVKe.jpg Ilustrasi Mahasiswa Kurang Percaya Diri. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Menjadi mahasiswa baru (maba) di kampus terkadang membuat tidak percaya diri. Bagi sebagian orang, kepercayaan diri muncul secara alami. Sedangkan yang lain membutuhkan waktu untuk bisa mengembangkannya.

Terkadang sulit meyakinkan untuk bisa percaya diri karena beberapa hal yang mungkin memang berpengaruh. Hal itu bisa datang dari diri sendiri ataupun lingkungan sekitar.

Baca Juga: Stres Skripsi Bolak-balik Direvisi? Coba Lakukan 3 Hal Ini

Padahal, satu-satunya orang yang bisa meningkatkan kepercayaan diri adalah dirimu sendiri.

Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan setiap hari untuk meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kepercayaan diri, melansir dari Her Campus, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

1. Buat keyakinan dan kebahagiaanmu jadi nyata

Setiap kali kamu merasa buruk atau mengucapkan sesuatu yang negatif tentang diri sendiri, balikkanlah kata-kata itu menjadi sesuatu yang positif. Katakan pada dirimu bahwa kamu cantik, percaya diri, dan kuat.

Kuliah

Yakinkan dirimu sendiri setiap pagi bahwa kamu akan mengalami hal-hal yang baik dan kamu tidak akan membiarkan orang-orang yang tidak baik merusaknya. Teknik itu dikenal dengan sebutan afirmasi positif, di mana kamu menempatkan diri sendiri dalam suasana hati yang lebih baik.

2. Buang jauh-jauh hal negatif dalam dirimu

Jika kamu memiliki teman atau anggota keluarga yang selalu berkata buruk tentangmu dan meremehkanmu, tutuplah telinga dan mulai fokus terhadap hidupmu sendiri. Kamu mungkin tidak bisa meminta untuk bisa menjalani kehidupan yang selalu positif, tetapi kamu bisa menghindari dan menyingkirkan hal-hal negatif yang ada.

Baca Juga: Ciri Kecanduan Gadget, Nomor 3 Bikin Nilai Jeblok

Jangan selalu mendengarkan omongan negatif yang bisa membunuh pikiranmu, berpikirlah positif dan fokus pada hidupmu sendiri.

3. Bangunlah sistem pendukung di sekitarmu

Berhentilah berada bersama orang-orang yang membawa pengaruh negatif dalam pikiranmu. Mulai sekarang, coba ciptakan sistem pendukung yang berisi orang-orang yang menginspirasi dan membuat kamu percaya diri.

4. Singkirkan rasa takut akan kegagalan

Hidup adalah tentang mengambil resiko, mengambil kesempatan, dan pilihan yang terkadang tidak kita ketahui. Hal itu seringkali membuat seseorang menjadi takut dan berkecil hati untuk mengambil peluang baru atau kesempatan dalam hidup.

Kuliah

Padahal kegagalan adalah hal yang wajar dan pasti dialami setiap orang. Jika kamu mengalami hal itu, kamu harus bisa mendorong pikrianmu yang sedang ketakutan untuk bisa melakukan sesuatu dan mengubahnya menjadi lebih baik.

5. Berdirilah dan beri rasa bangga

Hal ini mungkin terdengar aneh, tetapi salah satu untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan berdiri tegak. Saat berjalan ataupun memasuki ruangan, pastikan kamu tidak berjalan atau duduk dengan punggung membungkuk. Ketika kamu berdiri lebih tegak dengan kepala terangkat, otak akan menganggap itu sebagai pertanda bahwa kamu percaya diri dalam tiap keputusan yang kamu ambil.

6. Berikan pujian untuk dirimu sendiri

Kamu harus bisa menjadi pendukung terbesar untuk dirimu sendiri. Jangan lupa berikan pujian dan penghargaan atas dirimu sendiri dan atas apapun yang telah kamu lakukan. Terdengar mudah, nyatanya hal ini masih sedikit dilakukan oleh kebanyakan orang. Katakanlah sesuatu yang baik tentang dirmu sendiri sekali atau beberapa kali sehari. Pujian dan penghargaan bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kepercayaan dirimu.

Kuliah

7. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Mengagumi seseorang di media sosial adalah hal yang wajar dilakukan. Tetapi, jangan sampai hal itu membuat kamu jadi membandingkan diri sendiri dengan orang-orang yang ada di media sosial. Mereka mungkin terlihat cantik, bahagia dan sempurna, tetapi itu hanya yang kamu lihat di media. Di balik itu semua, mereka juga memiliki hari-hari buruk yang tidak mereka tunjukan padamu. Jadi, jangan bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain, ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini