nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisa Jadi Bahan Studi Kamu, Hewan Pertama di Dunia Ternyata Makan Ini Loh!

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 21:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 03 65 2100140 bisa-jadi-bahan-studi-kamu-hewan-pertama-di-dunia-ternyata-makan-ini-loh-K0ftQUFDHU.jpg Fosil (Foto: Okezone.com/Zeenews)

JAKARTA – Studi terbaru menunjukkan, bahwa nenek moyang semua hewan kemungkinan besar adalah karnivora. Setelah diteliti ternyata diet hewan sudah ada sejak 800 juta tahun lalu.

Seperti diketahui, karnivora merupakan kelompok makhluk hidup pemakan daging. Tetapi, peneliti ini juga menemukan bahwa ada lebih banyak pemakan daging di luar sana daripada yang diperkirakan oleh para ilmuwan.

 Baca juga: Hitung-hitungan Kuliah di Luar Negeri

Untuk menganalisis bagaimana pola makan hewan berevolusi dari berbagai spesies, John Wiens, ahli biologi evolusi di University of Arizona di Tucson, dan rekan-rekannya mengumpulkan kumpulan data lebih dari 1.000 spesies yang masih ada.

 Gigi

Ini termasuk vertebrata dari manusia ke bebek dan hampir 140 spesies kumbang, dan mencakup informasi rinci tentang kebiasaan makan mereka. Para peneliti kemudian menciptakan filogeni, pohon keluarga besar dari semua makhluk untuk menemukan apa yang kemungkinan dimakan oleh nenek moyang mereka.

 Baca juga: Intip Cara Surya Sahetapy Nyoblos di Perpustakaan Kampus

Hewan multiseluler pertama mungkin adalah pemakan daging. Temuan ini bertentangan dengan sebelumnya berdasarkan data fosil,yang menunjukkan hewan purba mungkin herbivora.

Wiens mengatakan, hewan purba itu mungkin memakan protista, istilah umum untuk organisme bersel satu kecil yang bukan tumbuhan, hewan, atau jamur dilansir dari Sciencemag, Selasa (3/9/2019).

Dari semua hewan masa kini yang disurvei Wiens dan rekannya, 63% adalah karnivora, 32% adalah herbivora, dan 3% adalah omnivora. (Sisanya ambigu.) Proporsi herbivora dan omnivora yang lebih kecil mungkin tampak mengejutkan, karena tanaman adalah sumber daya yang berlimpah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini