nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengumpulkan 'Nyawa' di Semester Baru Pasca-Libur Panjang

Delia Citra, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 08:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 03 65 2100177 mengumpulkan-nyawa-di-semester-baru-pasca-libur-panjang-6J8DRjFnCN.jpg Tips Mengumpulkan Nyawa di Semester Baru (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Masa liburan merupakan masa di mana kamu bisa merefresh hati dan pikiran agar tidak merasa jenuh dengan rutinitas yang biasa kamu lakukan. Kamu bisa melupakan tugas dan aktivitas kuliah untuk sementara waktu dengan bersenang-senang bersama teman atau keluarga.

Tetapi, jika masa liburanmu telah usai, kamu harus siap kembali ke kampus dan memulai semester yang baru. Memulai semester baru di masa perkuliahan adalah kesempatan bagimu untuk memperbarui banyak hal.

 Baca Juga: Mahasiswa Perlu Diajari Mata Kuliah Baru Literasi Berbasis Teknologi

Tentunya, memulai semester baru setelah kamu selesai liburan itu akan mempengaruhi semangat kamu dalam memulai semester yang baru.

Tetapi, jangan sedih ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa dengan mudah melakukan transisi tersebut. Berikut tipsnya seperti dilansir Hercampus, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

 Baca Juga: Tips Memulai Semester Baru dengan Tepat

Kamu harus memiliki perencanaan, karena ini salah satu yang menjadi kuncinya. Kamu harus memiliki list kegitan kamu dan kamu harus bisa mengatur tugas kuliahmu, jadwal absen kamu, jadwal kuliah, jadwal pergi untuk teman dan keluarga dan apapun yang saat ini dilemparkan ke kehidupan kamu.

Kamu juga harus memerhatikan kelas kamu saat masuk ke semester baru . Bahkan jika kamu harus menunggu sampai hari pertama untuk mengakses jadwal untuk kelas kamu, kamu biasanya dapat melihat semua tanggal jatuh tempo dan persyaratan untuk kelas itu untuk seluruh semester. Gunakan sedikit waktu kamu untuk menuliskan setiap tugas dan tanggal ujian kamu, sehingga kamu tidak akan pernah lupa dengan tugas dan ujian kamu.

 Semester Baru

Tetap menjaga rutinitas normal kamu juga akan tetap membantu kamu tidak merasa terlanggu terganggu dengan hal-hal yang baru. Olahraga, makan, dan perawatan itu semuanya penting, jadi jangan biarkan kamu malas hanya karena kamu kembali ke rutinitas kuliahmu.

Tidur juga menjadi salah satu hal yang penting. Karena menonton televise di larut malam tidak akan bermanfaat bagi kamu dalam jangka panjang, dan kurang tidur juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh kamu menurun, makan berlebihan dan perubahan suasana hati.

Seiring berjalannya semester, kamu harus tetap selalu bersyukur atas apa yang kamu dapatkan. Mungkin kamu salah satu orang yang suka menyalahkan diri sendiri jika kamu tidak mendapatkan nilai A pada setiap tes. Disemester yang baru ini, ubah pikiran negatif tersebut dan bersikap baik lah dengan diri kamu. Kamu akan merasa jauh lebih baik ketika membiarkan diri kamu melakukan yang terbaik dan beristirahat ketika kamu membutuhkan itu.

Memasuki perguruan tinggi itu bisa dibilang sangat cepat. Kamu mungkin saja merasa baru masuk kuliah, padahal kamu sudah mau masuk kesemester akhir. Jadi, manfaatkanlah pengalaman kamu bersama temanmu di kampus. Jangan membiarkan pikiran kamu stres menghadapi masa kuliah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini