nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jurus 'Kilat' Dapat Kerja setelah Lulus Kuliah

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 08:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 03 65 2100195 jurus-kilat-dapat-kerja-setelah-lulus-kuliah-HRJmsNto8I.jpg Tips Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketika kamu pertama kalinya masuk kuliah, pasti kamu belum memikirkan karier kamu di masa depan dan menurutmu hal ini masih jauh untuk dipikirkan.

Bahkan ketika ingin masuk ke dunia kuliah pun, beberapa dari kalian bahkan belum memutuskan jurusan, apalagi apa yang ingin kamu lakukan di masa depan nanti.

Tetapi, ketika kamu tidak yakin karier apa yang harus kamu kejar, ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkannya pada saat kamu masih menjadi mahasiswa.

 Baca Juga: PT Inuki Buka Lowongan Kerja, Dicari Lulusan Apoteker

Berikut adalah hal-hal penting yang harus kamu diselesaikan setiap tahun di perguruan tinggi untuk membantu karier impian kamu di masa depan seperti dilansir dari Hercampus, Kamis (5/9/2019).

Di tahun pertama, langkah terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mengunjungi pusat karier kampus kamu dan berbicaralah dengan seorang penasihat. Mereka pasti menawarkan berbagai sumber daya bagi siswa untuk mempersiapkan mereka dalam mencari pekerjaan.

 Baca Juga: Anak Usaha Wijaya Karya Buka Lowongan Kerja, IPK Minimal 2,75

Penasihat kamu juga mungkin juga akan menyarankan kamu untuk mengikuti tes penilaian karier. Karena jika mengikuti penilaian karier tersebut, kamu akan mempelajari bagaimana keterampilan, nilai, minat, dan kepribadian kamu nantinya dapat mengarahkan kamu kejurusan kuliah dan pilihan karier.

 Interview Kerja

Jadi, jika kamu tidak tahu karier seperti apa yang akan kamu pilih, tes ini dapat membantu kamu mengetahui jenis pekerjaan apa yang nantinya cocok dengan kemampuan kamu.

Bergabung dengan organisasi kampus juga langkah yang baik yang harus kamu lakukan diawal kuliah kamu. Menjadi aktif dalam kelompok dan kegiatan mahasiswa akan membuat kamu telihat hebat di resume apapun karena itu menunjukkan bahwa kamu bisa menyeimbangkan pekerjaan dengan kesenangan.

Namun, kamu juga harus selektif memilih organisasi jangan sampai kamu terlalu banyak bergabung dengan organisasi lainnya dan tidak bisa menyeimbangkannya dengan kuliahmu.

 Interview Kerja

Karena kegiatan dikampus dianggap sebagai pengalaman, jadi jika kamu memiliki gagasan tentang karier seperti apa yang ingin kamu kejar, fokuslah untuk terlibat dengan kelompok-kelompok yang terkait dengan bidang tersebut.

Saran terakhir bagi mahasiwa baru yaitu mulai menyusun resume. Ini merupakan dasar dalam mencari pekerjaan. Bahkan sebagai mahasiswa baru, kamu mungkin sudah memiliki beberpa hal yang dapat kamu masukkan pada resume pertama kamu. Karena kamu baru keluar dari sekolah menengah, kamu masih dapat memasukkan prestasi, penghargaan, dan kegiatan mengah apapun.

Di tahun kedua, setelah kamu sudah terbiasa dengan rutinitas perguruan tinggi, kamu dapat lebih terlibat di kampus. Mengambil posisi kepemimpinan akan membuat kamu mempelajari keterampilan yang berharga. Kamu dapat mencalonkan diri sebagai ketua disalah satu organisasi kemahasiswaan dikampusmu.

Ketika kamu semakin terlibat di kampus, kamu akan mulai bertemu oramg-orang baru, dan banyak di antara mereka mungkin berbagi bidang karier yang menarik.

Setelah kamu mulai terhubung dengan begitu banyak orang, penting untuk mancari tahu mereka. Dan cara yang lebih baik untuk melakukannya selain melalui layangan jejaring sosial yaitu buat profil Linkedln untuk tetap terhubung dengan jaringan kamu yang sedang tumbuh.

Linkedln merupakan jejaring sosial yang berorientasi pada bisnis dan karier yang memungkinkan kamu tetap berhubung dengan para profesional di bidang yang kamu minati. Linkedln adalah Facebook dari dunia bisnis.

Saran yang terakhir di tahun kedua ini adalah penting untuk mencari magang lebih awal. Tahun kedua adalah waktu yang tepat untuk memulai magang. Magang tidak hanya terlihat bagus di resume kamu, tetapi itu juga menambah pengalaman kamu dibidang yang akan kamu pilih nantinya. Memulai pencarian magang lebih awal juga akan memberi kamu lebih banyak waktu untuk mencari tahu apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus.

Dipertengahan tahun, banyak mahasiswa yang melakukan kegiatan study banding keluar negeri. Hal ini juga bisa menjadi pendorong resume yang besar karena menawarkan pengalaman global.

Seperti peran kepemimpinan di kampus, belajar di luar negeri akan memberikan kamu keterampilan yang dicari banyak perusahaan secara aktif, seperti lancar berbicara bahasa inggris, dan dapat melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Karena kita hidup di dunia yang beragam dan terglobalisasi, pengusaha ingin melihat pelamar yang merasa nyaman bekerja dengan berbagai orang di berbagai lingkungan.

Jika kamu tidak melakukan magang tahun lalu, pertengahan tahun ini cocok untuk kamu yang benar-benar ingin mengambil magang untuk mendapatkan pengalaman magang itu. Jika kamu memiliki pengalaman magang tahun lalu dan kamu tidak terlalu menikmatinya, gunakan tahun ini untuk menuju ke arah yang baru.

Jika kamu masih tidak yakin dengan pekerjaan kamu setelah lulus, pilihlah magang yang sangat berbeda dari yang sebelumnya dan semoga itu membuat kamu menemukan pekerjaan yang sesuai apa yang kamu harapkan.

Di tahun ketiga ini, mahasiwa disarankan mempelajari keterampilan wawancara dengan nasihat karier mereka. Wawancara bisa menjadi salah satu bagian paling sulit dari pemburu pekerjaan. Baik melalui telepon atau secara langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi salah satu tugas yang menakutkan. Tetapi karena wawancara merupakan pokok dari salah satu syarat untuk melamar suatu pekerjaan, kamu harus berlatih.

Di tahun terakhir ini, kamu sudah melakukan langkah besar untuk menuju pekerjaan impian kamu dimasa depan, tetapi masih ada pekerjaan yang harus kamu lakukan. Satu hal yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana pencarian kerja. Tindakan yang harus kamu lakukan adalah kamu harus merinci hal-hal seperti jenis pekerjaan yang kamu minati.

Sebelum kamu mulai melamar pekerjaan, pastikan kamu memiliki semua dokumen yang diperlukan mulai dari transkip, sampel pekerjaan, dan referensi. Referensi penting karena mereka akan mendukung apa yang kamu katakan selama melamar pekerjaan. Pengusaha akan menghubungi referensi kamu untuk melihat karakter kamu, mempelajari kepribadian kamu dan menentukan apa yang benar-benar kamu sukai dilingkungan kerja.

Hal terakhir yang dapat kamu manfaatkan sebagai senior adalah menghadiri acara karier kampus kamu. Cara ini biasanya diperuntukkan untuk mahasiswa yang lulus mencari pekerjaan.

Pastikan kamu membawa beberapa salinan resume kamu dan berpakaian yang formal. Kampus kamu pasti menyediakan daftar perusahaan yang hadir, jadi pastikan kamu untuk menargetkan bisnis yang kamu minati sebelum kamu daftar. Teliti perusahaan dan pastikan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan di pameran.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini