nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aburizal Bakrie hingga Menteri Sosial Hadiri Sidang Doktor Agus Gurlaya Kartasasmita di Untar

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Kamis 05 September 2019 18:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 05 65 2101154 aburizal-bakrie-hingga-menteri-sosial-hadiri-sidang-doktor-agus-gurlaya-kartasasmita-di-untar-4Wtnj6mwyP.jpeg Foto: Okezone

JAKARTA - Program doktor ilmu hukum Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar ujian terbuka promosi doktor atas nama Agus Gurlaya Kartasasmita yang juga merupakan paman dari Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus Gurlaya Kartasasmita menjalani sidang promosi untuk meraih gelar doktor ilmu hukum. Dia mengambil judul disertasi “Kepastian Hukum dalam Proses Arbitrase Sebagai Forum Penyelesaian Sengketa Bisnis”.

ist

Dalam disertasinya tersebut, Agus Gurlaya Kartasasmita menyoroti soal kepastian hukum dalam proses arbitrase sebagai forum penyelesaian sengketa bisnis di Indonesia.

"Seharusnya arbitrase sifatnya final seperti diatur undang-undang, tetapi kenapa pengadilan selalu memeriksa lagi keputusan itu,” kata Agus Gurlaya di Auditorium, Gedung Utama Kampus Untar, Jalan S. Parman, Jakarta Barat, Kamis (5/9/2019).

Menurutnya, pembatalan sesuai undang-undang hanya diperbolehkan kalau putusan arbitrase itu palsu, ada yang disembunyikan atau hasil tipu muslihat. Oleh karena itu dia berharap, hasil penelitiannya bisa mengembangkan ilmu hukum arbitrase untuk menciptakan kepastian hukum dalam penyelesaian sengketa di Indonesia di masa yang akan datang.

“Kepastian hukum akan memberikan stimulasi yang positif untuk pertumbuhan perekonomian nasional,”tegas Agus Gurlaya.

Dalam sidang terbuka ini, Universitas Tarumanagara menghadirkan ketua sidang Prof. Dr Melia Ismelina F.R serta tiga dewan penguji yaitu Prof. Dr Garuda Wiko, Prof. Dr H.K Martono dan Dr. Gunardi. Sidang promosi doktor ilmu hukum ini dibuka oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan sekira pukul 10.00 WIB.

“Agus Gurlaya Kartasasmita telah menyelesaikan studi selama 11 semester dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) adalah 4,00. Dan yang bersangkutan dinyatakan lulus doktor dengan predikat sangat memuaskan,” ujar Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan.

Rektor Agustinus menjelaskan, Agus Gurlaya Kartasasmita merupakan doktor keenam lulusan program studi doktor hukum Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara (FH Untar). “ Dan jika ditambah dengan teknik sipil maka jadi 46 sehingga jadi 50,”pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi kelulusan pamannya tersebut sebagai seorang doktor hukum. Menurutnya, usia tidak menjadi alasan seseorang untuk tidak menuntut ilmu setinggi mungkin.

“Tidak ada kata terlambat untuk belajar, tidak ada batasan waktu untuk kita menimba ilmu dalam rangka menyempurnakan pengetahuan kita dalam modal kita untuk menghadapai tantangan dan membangun bangsa,”ujar Agus yang juga politikus Golkar tersebut.

Sejumlah politikus senior Golkar dan tokoh nasional hadir dalam sidang promosi tersebut seperti Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, mantan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, mantan Menteri Pariwisata di era Order Baru Abdul Latief, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily dan masih banyak lagi yang lainnya.

(ADV)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini