nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kilas Balik Berdirinya UI Depok, Begini Kondisi 32 Tahun yang Lalu

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 20:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 05 65 2101199 kilas-balik-berdirinya-ui-depok-begini-kondisi-32-tahun-yang-lalu-7VfLnKSoiY.jpg Kampus Universitas Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) Kampus Depok hari ini meresmikan hari jadinya yang ke-32 tahun. Kala itu, Presiden Soeharto meresmikan kampus pada 5 September 1987.

Staf Humas UI, Rachmat Rawyani membagikan video dokumentasi tentang pembangunan hingga peresmian UI yang sudah berumur 32 tahun. Dalam video berdurasi 3 menit 52 detik tersebut terlihat beberapa momen penting UI di antaranya masa orientasi mahasiswa, pembangunan, hingga Presiden Soeharto yang meresmikan UI.

Baca Juga: Mahasiswa UI Teliti Karst Gunungkidul, Hasilnya Mengejutkan

Hingga saat ini, UI berhasil berkembang dan telah memiliki 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. 13 fakultas tersebut adalah Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer.

Program Studi yang terdapat di UI saat ini berjumlah 291 program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 47.166 orang dan 309 orang mahasiswa asing yang mengikuti program bergelar maupun non-gelar.

Sekilas Tentang UI

UI

Cikal bakal UI diawali dari Nood-universiteit atau Universitas Darurat. Kemudian berganti nama menjadi Universiteit van Indonesië pada tahun 1947 dan berpusat di Jakarta. Beberapa professor nasionalis, salah satunya adalah Prof. Mr. Djokosoetono, melanjutkan fungsinya sebagai pengajar untuk Universiteit van Indonesië di Yogyakarta, yang saat itu menjadi ibukota negara.

Ibu kota Indonesia kemudian kembali ke Jakarta pada 1949 setelah Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia. Universiteit van Indonesië Yogjakarta juga kembali pindah ke Jakarta.

Baca Juga: Intip 20 Kandidat Rektor UI dan Tahapan Pemilihannya

Universiteit van Indonesië kemudian disatukan menjadi “Universiteit Indonesia” pada 1950. Universitas ini mempunyai Fakultas Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat di Jakarta, Fakultas Teknik terletak di Bandung, Fakultas Pertanian di Bogor, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, serta Fakultas Ekonomi ada di Makasar. Demikian seperti dikutip dari situs resmi UI.

Fakultas-fakultas yang berada di luar Jakarta kemudian berkembang menjadi universitas-universitas terpisah di antara tahun 1954-1963. Universitas Indonesia di Jakarta mempunyai kampus di Salemba dan terdiri dari beberapa Fakultas seperti: Kedokteran, Kedokteran Gigi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Sastra, Hukum, Ekonomi, dan Teknik.

Pada perkembangan selanjutnya berdirilah Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, llmu Komputer dan kemudian Fakultas Keperawatan.

Sebelum kampus Universitas Indonesia di Depok dibangun pada 1987, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini