nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Universitas Terbuka Resmi Miliki 2 Program Studi Doktoral

Hambali, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 12:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 06 65 2101411 universitas-terbuka-resmi-miliki-2-program-studi-doktoral-izt5xKq8pE.jpg Universitas Terbuka resmi miliki dua program doktoral (FOTO: UT)

JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) telah mengantongi izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membuka program studi S3 Doktoral. Program S3 itu terbagi pada dua program studi (Prodi), yakni Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) dan Administrasi Publik Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP).

"Ini suatu anugerah bagi UT, berkah, ini merupakan prestasi yang luar biasa kepercayaan yang diberikan pihak kementerian. Karena UT selama 30 tahun baru mengantongi izin pertama penyelenggaraan S3 jenjang Doktor," kata Ojat Darojat, Rektor UT kepada wartawan di sela acara puncak perayaan Dies Natalis Ke-35 di UT Convention Centre, Pamulang, Tangerang Selatan.

UT

Dijelaskan Ojat, 2 program Doktoral itu mulai menerima pendaftaran mahasiswa pada bulan ini, yang tersebar di sejumlah Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT. Kuota sementara jumlahnya akan dibatasi paling banyak hanya sekira 100 mahasiswa.

Ojat berharap, dengan dibukanya Program Doktoral itu, membuat mahasiswa yang ingin menempuh perkuliahan jarak jauh, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. "Ini yang pertama, selama ini orang Indonesia yang ingin melanjutkan ke pogram S3 kebanyakan mereka ke luar negeri," ucap Ojat.

UT

Kampus UT merupakan perguruan tinggi yang mengembangkan program S3 lebih dulu. Dengan dibukanya program Doktoral untuk 2 prodi itu, maka mahasiswa diharapkan kembali menjadikan UT sebagai kampus tujuan.

"Bahkan UT ini lebih dulu mengembangkan untuk program S3. Jadi harapan kita, tak perlu lagi ke luar, karena sudah ada di UT," tukas Ismunandar, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). (ADV)

(ris)

Berita Terkait

Universitas Terbuka (UT)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini